Kabareskrim Selidiki Unsur Kelalaian Kebakaran Kilang Pertamina Indramayu

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 17:57 WIB
Kebakaran terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3) lalu. Yuk lihat lagi Kilang Balongan sebelum dan saat terbakar.
Kebakaran tangki di kilang Pertamina Indramayu. (Foto: Antara Foto/Dedhez Anggara)
Indramayu -

Polisi menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) insiden kebakaran tangki di kilang minyak PT Pertamina, Balongan, Kabupaten Indramayu. Polisi mencari penyebab pasti sumber kebakaran tersebut.

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto mengecek langsung olah TKP. Jenderal bintang tiga itu datang ke lokasi kebakaran kilang minyak di Balongan, Indramayu pada Rabu (7/4/2021).

"Saya ketemu dengan pak Direktur RU VI Balongan untuk melaksanakan kegiatan olah TKP laboratorium forensik untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran," ujar Agus kepada wartawan.

Agus menuturkan olah TKP dilakukan guna mencari sumber penyebab kebakaran yang mengakibatkan sejumlah orang terluka itu. Pihaknya menyelidiki apakah ada atau tidak unsur kelalaian yang mengakibatkan terjadinya kebakaran tangki di kilang Pertamina Indramayu.

"Intinya kita akan melakukan penanganan terhadap apakah ada kesengajaan atau ada kelalaian yang menjadi penyebab kebakaran," ucapnya.

Menurut Agus, kebakaran kilang minyak Balongan perlu penanganan serius. Sebab, kata dia, kilang minyak Balongan merupakan salah satu objek vital strategis

"Tentunya kejadian kebakaran kemarin menjadi perhatian pemerintah dan dunia, tentunya ini harus mendapatkan penanganan yang serius," katanya.

"Mohon doa restu mudah-mudahan olah TKP dari jajaran labfor dan kerja sama dari seluruh pihak, penanganan masalah kebakaran ini bisa segera kita buktikan, apakah ini ada unsur kelalaian atau kesengajaan akibat mungkin proses perawatan yang tidak tepat," tutur Agus menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2