Peserta UTBK 2021 di UPI Wajib Pakai Masker-Sarung Tangan

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 11:09 WIB
UTBK 2021 di UPI Bandung
Peserta UTBK 2021 di kampus UPI wajib menggunakan masker dan sarung tangan. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Pelaksanaan hari pertama Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berlangsung dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Setiap peserta UTBK diwajibkan untuk mengenakan sarung tangan dan masker yang telah disediakan panitia sebelumnya sebelum memasuki ruang tes.

Sebelum masuk para peserta diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan. Kemudian, panitia ujian mengecek suhu dan membagikan masker dan sarung tangan.

Di setiap ruangnya, panitia hanya membatasi peserta maksimal 10 orang. Tempat duduk antarpeserta disekat sedemikian rupa. Kepala Seksi Publikasi dan Pengelolaan Media Humas UPI Deni Darmawan mengatakan, tempat pelaksanaan ujian telah disterilisasi sebelum digunakan.

"Kami pastikan juga bahwa panitia ujian dalam keadaan sehat dan bebas dari COVID-19. Kita minimalisasi kontak fisik," ujar Deni, Senin (12/4/2021).

Protokol kesehatan diterapkan semenjak peserta ujian atau pengantar peserta memasuki pintu gerbang, agar tak ada kerumunan. Kendaraan roda empat hanya bisa mengantar peserta hingga lahan parkir yang juga difungsikan sebagai ruang transit peserta.

UTBK 2021 di UPI BandungPara peserta UTBK 2021 diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan. (Foto: Yudha Maulana/detikcom).

Lahan parkir ini disediakan di halaman gymnasium, halaman depan ATM dan lapangan sepakbola. Pihak UPI juga menggelar pelaksanaan UTB K di lima lokasi lainnya yakni di UPI Kampus Bumi Siliwangi, mitra UPI Poltekpos, mitra UPI Polban, UPI Kampus Cibiru, UPI Kampus Sumedang, UPI Kampus Purwakarta.

"Sehingga peserta ujian bisa melaksanakan ujian di lokasi yang terdekat," katanya.

Di tahun ini, UPI menerima 4.561 mahasiswa dari total keseluruhan penerimaan 10.115 mahasiswa baru. "Merujuk pada ketentuan LTMPT, kuota untuk jalur seleksi SBMPTN untuk PTN bh sebesar 30 persen dari kuota daya tampung setiap program studi. Berdasar hal tersebut, kuota untuk keseluruhan jalur seleksi SBMPTN UPI yaitu 4.561 peserta dari total daya tampung," ujar Deni.

Lebih lanjut, di tahun ini UPI menerima calon mahasiswa dari lulusan SMA/SMK dan sederajat dari tiga tahun terakhir yaitu 2021, 2020, 2019. Seluruh program studi yang berada di enam kampus UPI membuka penerimaan di antaranya UPI Cibiru, Tasikmalaya, Serang, Sumedang, Purwakarta, dan UPI Setiabudi.

(yum/bbn)