Hujan Disertai Angin Kencang Terjang KBB, Belasan Bangunan Rusak

Whisnu Pradana - detikNews
Minggu, 11 Apr 2021 19:42 WIB
Bangunan rusak di Bandung Barat.
Bangunan di Bandung Barat rusak diterjang hujan disertai angin kencang (Foto: Istimewa).
Bandung Barat -

Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang wilayah Bandung Raya termasuk Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Minggu (11/4/2021) sore. Akibat kejadian tersebut sejumlah bangunan mengalami kerusakan.

Salah satunya gedung pertemuan di RT 04/14, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat. Atap gedung pertemuan yang di sebelahnya juga terdapat pusat jajanan atau food court ambruk disapu angin kencang yang menerjang.

Atap bangunan gedung pertemuan dan food court dari baja ringan dan ijuk serta terpal tersebut akhirnya berserakan di tanah usai disapu angin. Sebagian pedagang masih sempat menyelamatkan barang dari area food court.

"Betul ini tempat pertemuan. Atap yang materialnya ijuk dan terpal dengan struktur dari besi kemungkinan tidak bisa menahan curah hujan dan angin kencang yang terjadi dengan durasi cukup lama tadi," ungkap Ketua RW 14 Budi Satria.

Akibatnya struktur besi penunjang atap tersebut ambruk. Beruntung tidak ada korban jiwa lantaran pada saat kejadian pengunjung dan pedagang sudah mengevakuasi diri ke tempat lebih aman.

"Iya ambruk tapi tidak ada korban. Karena saat ada indikasi akan rubuh, pengunjung dan pedagang di food court sudah menyelamatkan diri. Jadi hanya kerugian materi saja," ujarnya.

Tak cuma gedung pertemuan saja, kerusakan lainnya juga terjadi di lapangan sepakbola mini yang masih berada di Kecamatan Padalarang.

Kerusakan pada lapangan tersebut terjadi usai atap dari bangunan di sampingnya tersapu hingga menimpa jaring pengaman lapangan. Kondisi lapang pun dibanjiri oleh air sehingga tidak bisa digunakan untuk sementara waktu.

Petugas BPBD Kabupaten Bandung Barat hingga saat ini masih melakukan pendataan kerusakan bangunan akibat hujan deras disertai angin kencang yang menerjang. Berdasarkan pendataan sementara, total ada 11 bangunan yang mengalami kerusakan, di antaranya 9 rumah serta gedung pertemuan dan lapang mini soccer.

(mso/mso)