Pencarian 13 ABK Korban Tabrakan Kapal di Indramayu Dihentikan

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 11 Apr 2021 18:38 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam atau kecelakaan kapal(Dok detikcom)
Ilustrasi kapal tenggelam (Foto: Dok detikcom)
Bandung -

Pencarian 13 anak buah kapal (ABK) MV Barokah Jaya di Kabupaten Indramayu tak membuahkan hasil. Tim SAR gabungan resmi menghentikan pencarian di hari kesembilan.

Diberitakan sebelumnya, kapal MV Barokah Jaya menabrak MB Habco Pioneer pada, Sabtu (3/4) lalu sekitar Pukul 16.45 WIB. Kecelakaan itu menyebabkan MV Barokah Jaya yang dikabarkan memiliki 32 ABK itu terbalik. Tabrakan terjadi sekitar 60 mil laut utara perairan Indramayu.

"Hari Ke 9 Pencarian terhadap 13 ABK MV Barokah Jaya tak kunjung membuahkan hasil. Sejak pukul 07.00 WIB tadi pagi KN SAR Wisnu dan RIB 01 Bandung telah melakukan pencarian namun tidak ada lagi tanda-tanda penemuan korban hingga hari terakhir perpanjangan," kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Minggu (11/4/2021).

Menurutnya, hingga hari kesembilan dan berdasarkan evaluasi bersama unsur di lapangan pencarian dinilai sudah tidak efektif. Tim SAR gabungan sudah melakukan pencarian semaksimal mungkin.

"Upaya Tim SAR Gabungan telah semaksimal mungkin dilakukan namun hingga hari ke terakhir perpanjangan waktu pencarian 13 ABK MV Barokah Jaya tak kunjung ditemukan tanda-tanda penemuan, oleh karenanya operasi SAR ditutup dan diganti dengan pemantauan," ungkapnya.

Selain itu, berdasarkan SAR MAP Prediction korban sudah tersebar di wilayah perairan Karimun Jawa, sehingga Kantor SAR Bandung telah melaksanakan pemapelan kepada Kantor SAR Semarang dan instansi terkait di wilayah Perairan Jawa Tengah untuk kemudian melaporkan hasilnya ke Kantor SAR Bandung.

"Hingga operasi pencarian ditutup, total korban selamat 15 orang, 4 orang meninggal dunia dan 13 orang dalam pencarian," tambahnya.

Unsur SAR yang terlibat dalam pencarian yaitu Kantor SAR Bandung, Kantor SAR Jakarta BSG, Lanal Cirebon, Polres Indramayu, Ditpolair Polda Jabae, Kokarmabar, Direktorat Polair Mabes Polri, DVI Polda Jabar, BPBD Indramayu, Dinkes Indramayu, RA Bhayangkara, UPP/Syahbandara Indramayu, Satpolaor Polres Indramayu, Satpolair Polres Cirebon, HNSI Indramayu san Potensi SAR Jabar.

(wip/mso)