Angin Kencang Terjang Banjar, Mobil Tertimpa Pohon Tumbang

Faizal Amiruddin - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 19:04 WIB
Pohon tumbang di Jalan Didi Kartasasmita, Kota Banjar, menimpa sebuah mobil angkutan umum, Sabtu (10/4/20121).
Pohon tumbang menimpa sebuah mobil angkutan umum di Jalan Didi Kartasasmita, Kota Banjar. (Dok.BPBD Banjar)
Banjar -

Hujan deras dan angin kencang melanda Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (10/4/2021) sore. Akibatnya sejumlah pohon tumbang. Salah satunya sebatang pohon besar di Jalan Didi Kartasasmita, tak jauh dari terminal bus Banjar, tumbang dan menimpa sebuah mobil angkutan umum.

Pohon Angsana itu tumbang menimpa bagian depan mobil. Kabin dan kaca depan mobil minibus itu hancur. Saat kejadian, Udin (60), sopir angkutan umum bernomor polisi Z-1933-TI, tengah berada di luar.

"Mobil diparkir pinggir jalan, sopirnya di luar," kata Kepala BPBD Banjar Kusnadi.

Kejadian pohon tumbang itu sempat mengakibatkan arus lalu lintas terhambat hingga beberapa jam. "Sempat sedikit terjadi kemacetan lalu lintas, namun kami segera melakukan evakuasi," kata Kusnadi.

Reruntuhan pohon dibereskan dengan cara dipotong-potong dan mobil angkutan jurusan Banjar-Ciamis itu dievakuasi. "Sudah dibereskan, hujannya cukup deras disertai angin kencang," ujar Kusnadi.

Soal laporan pohon tumbang yang terjadi di daerah lain, Kusnadi mengatakan masih melakukan pendataan. Namun sejauh ini, dia belum menerima adanya dampak kerusakan.

"Kami masih melakukan pemantauan dan pendataan, sejauh ini baru ada laporan ini, pohon tumbang yang menimpa mobil saja," kata Kusnadi.

Dia berharap masyarakat mewaspadai terjadinya cuaca ekstrem. Warga yang di sekitar rumahnya terdapat pohon diimbau waspada dan melakukan pemeriksaan kondisi pohon.

"Jika sudah rawan tumbang atau sudah keropos, sebaiknya ditebang saja," kata Kusnadi.

Lihat juga Video: Angin Kencang Hantam Parepare, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)