Taman Raflesia Ciamis, Dulu Pasar Kini Arena Piknik

Dadang Hermansyah - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 08:32 WIB
Taman Raflesia Ciamis
Taman Raflesia (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Taman Raflesia di Alun-alun Kabupaten Ciamis merupakan tempat ikonik yang menjadi pusat berbagai kegiatan masyarakat. Setelah mengalami beberapa renovasi, kini Taman Raflesia tampil cantik.

Dahulu area di Taman Raflesia atau kawasan Alun-alun Ciamis ini sebuah pasar yang cukup besar. Di dekatnya terdapat Masjid Agung, kantor bupati Ciamis dan DPRD Ciamis.

Disebut Taman Raflesia karena memiliki tugu air mancur berbentuk bunga raflesia. Bukan tanpa alasan, bunga tersebut sering tumbuh di Pangandaran yang dulu masih Kabupaten Ciamis.

Pemindahan pasar di kawasan tersebut terjadi pada masa pemerintahan Bupati Ciamis Taufik Hidayat yang menjabat pada 1988-1993. Taufik dikenal sebagai bupati yang menata perkotaan Ciamis, dari mulai pemindahan pasar, membangun stadion dan memindahkan sebagian perkantoran pemerintahan dan membuat jalur Lingkar Selatan.

"Saya masih ingat lokasi yang sekarang Taman Raflesia itu adalah pasar. Nemang cukup lama pasar ada di lokasi itu. Tapi pada zaman pemerintahan pak Taufik, lokasi pasar dipindahkan ke lokasi sekarang di dekat Terminal," ujar tokoh masyarakat ciamis yang juga mantan Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Wawan S Arifien, Sabtu (10/4/2021).

Selanjutnya
Halaman
1 2