Pemkab Ciamis Bolehkan Tarawih Keliling di Daerah Zona Hijau

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 09 Apr 2021 11:52 WIB
Pemkab Ciamis memperbolehkan tarawih keiling di wilayah zona hijau
Pemkab Ciamis memperbolehkan tarawih keiling di wilayah zona hijau (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis - Pemerintah Kabupaten Ciamis mengizinkan masyarakat melaksanakan salat tarawih berjamaah di masjid selama bulan Ramadhan. Dengan catatan menerapkan protokol kesehatan yakni 50 persen dari kapasitas masjid.

"Untuk taraweh di masjid kita perbolehkan termasuk dalam melaksanakan tarawih keliling, asalkan kapasitasnya dibatasi 50 persen, menerapkan protokol kesehatan dengan jaga jarak," ujar Sekretaris Daerah Ciamis Tatang di Stadion Galuh usai menghadiri pelantikan Kepala Sekolah, Jumat (9/4/2021).

Tatang mengatakan Pemkab Ciamis pun berencana melaksanakan Tarawih keliling ke daerah dengan zona hijau. Terlebih dulu mengatur jadwal dan menentukan lokasi masjid yang akan didatangi.

"Kita sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan DKM dan MUI terkait Tara pelaksanaan kegiatan selama Ramadhan," ungkapnya.

Tatang pun mengimbau DKM yang masjidnya berada di pinggir jalan atau tempat transit untuk lebih meningkatkan protokol kesehatan. Jemaah masjid yang datang tidak hanya dari daerah itu tapi daerah luar yang kebetulan melintas. Sehingga kerawanan penularan COVID-19 tinggi.

"Perketat Protokol Kesehatan di masjid-masjid yang berada di pinggir jalan. Teknisnya mungkin ada di DKM masing-masing," katanya.

Selain itu, Pemkab Ciamis pun kini memperpanjang PPKM Mikro dari tanggal 6-19 April 2021. Sehingga tata pelaksanaan kaitan bulan Ramadhan tidak terlepas dari aturan PPKM Mikro.

"PPKM Mikro diperpanjang lagi. Untuk jam kerja ASN diatur dari jam 8.00 sampai pukul 15.00. Saya juga ingatkan untuk para ASN agar tidak ke luar daerah, karena kondisi tracing COVID-19 masih tinggi," jelasnya.

Simak Video: Bukber-Salat Tarawih di Masjid Diperbolehkan, Ini Syaratnya

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)