Renovasi Rp 900 Juta Lapangan Bola Kampung Disorot Warganet Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 19:12 WIB
Renovasi Lapangan Bola Kampung di Bandung
Lapangan sepak bola di Kampung Pengkolan tengah direnovasi. Renovasi lapangan bola ini senilai Rp 900 juta. (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Kabupaten Bandung - Warganet ramai menyoroti penggunaan dana desa sekitar Rp 900 juta untuk merenovasi sebuah lapangan sepak bola di Kampung Pengkolan, Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung.

Warganet mengkritisi uang sebesar itu hanya digunakan untuk memperbaiki lapangan bola di kampung tersebut. Sebab, menurut warganet, hasil renovasi tidak sesuai dengan uang yang sudah digelontorkan.

Sebagaimana dilihat detikcom dalam unggahan Instagram akun @infopanyadap, Rabu (7/4/2021), sebuah video menampilkan sejumlah tangkapan layar terkait anggaran dan dibandingkan dengan kondisi lapangan saat ini. "Waduh, kami sebagai masyarakat Panyadap reuwas ninggalna (kaget melihat) dengan menghabiskan dana sebesar 906 jt selama 2 tahun lapangan tidak jauh berbeda dengan dulu sebelum direnovasi," tulis salah satu akun dalam kolom komentar unggahan tersebut.

detikcom mencoba melihat kondisi lapangan bola yang bikin heboh tersebut. Sekilas terlihat hanya lapang bola kampung yang biasa-biasa saja. Tidak ada yang menonjol bila disandingkan dengan lapang bola kampung di Desa Cisayong, Tasikmalaya, yang berstandar FIFA.

Lapangan sepak bola di kawasan Panyadap ini dikelilingi arena lari yang terbuat dari paving block. Di sudut lapang terlihat tulisan 'Lapangan Bola Desa Ditutup Tidak Boleh Dulu Dipakai dan Diarit Rumputnya Tanpa Ijin Pengelola'. Tulisan tersebut diikat menggunakan tali yang memanjang mengelilingi lapangan.

Lokasi lapangan bola ini berdekatan langsung dengan Kantor Desa Panyadap. Sejumlah warga terlihat sibuk menjemur padi di sisi lapangan. Sementara anak kecil bermain layang-layang di dalam lapangan.

"Abdi (saya) kebetulan yang ikut kerja, kebagian kerja pas masang (pasang) paralon, pasang injuk juga. Cuma pas pasang rumput enggak, katanya pake pemborong. Waktu itu dibayar Rp 100 ribu per hari," ujar Empeng (42).

Renovasi Lapangan Bola Kampung di BandungRenovasi lapangan bola di Kampung Pengkolan, Kabupaten Bandung, ini menghabiskan anggaran sekitar Rp 900 juta. (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)

Ketua RT setempat, Yoyo (50), sempat menyaksikan langsung ada pengerjaan perbaikan lapangan bola. Namun, Yoyo dan Empeng tidak tahu berapa anggaran yang digunakan untuk memperbaiki lapangan tersebut.

Yoyo pun mengatakan dahulu lapangan tersebut sering kali terendam banjir dan tidak berumput. "Saya tidak pernah lihat (ada pengumuman/spanduk soal anggaran). Saya tahunya ini digarapnya sama dua kades. Kades yang dulu, sama sekarang," tutur Yoyo.

Selanjutnya
Halaman
1 2