Kabareskrim Selidiki Unsur Kelalaian Kebakaran Kilang Pertamina Indramayu

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 17:57 WIB
Kebakaran terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3) lalu. Yuk lihat lagi Kilang Balongan sebelum dan saat terbakar.
Kebakaran tangki di kilang Pertamina Indramayu. (Foto: Antara Foto/Dedhez Anggara)

Soal ada atau tidaknya indikasi kelalaian, Agus belum bisa menyimpulkan. Untuk saat ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan dengan dasar laporan polisi model A.

"Kita masih klarifikasi ya, tadi saya sudah perintahkan kepada penyidik untuk membuat laporan polisi model A. Karena sampai saat ini Pertamina belum membuat laporan. Pasal sangkaan sementara ini karena lalainya mengakibatkan kejadian kebakaran, ini untuk memudahkan proses klarifikasi," tutur Agus.

Puluhan orang sudah diklarifikasi penyidik. Pihaknya juga sudah mendapat restu dari manajemen untuk membantu proses penyidikan.

"Sudah ada 52 orang yang diklarifikasi. Tadi Pak Direktur SDM dan Operasi sudah meminta kepada seluruh jajaran unit VI Balongan ini untuk bekerja sama dengan penyidik dengan memberikan data-data yang diperlukan," ujar Agus.

Selain itu, pihaknya juga siap menerjunkan jajaran Tipikor guna mengusut ada atau tidaknya kerugian negara. "Kemudian untuk menghitung kerugian negara, kalau memang ada miss dalam manajemen pengelolaan, nanti dari jajaran Tipikor akan melakukan pendalaman," ucap Agus.

Halaman

(dir/bbn)