Usut Kebakaran Tangki, Polisi Periksa Pegawai Kilang Pertamina Indramayu

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 11:05 WIB
Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Balongan
Kebakaran tangki di kilang minyak Pertamina Indramayu. (Foto: dok.BPBD Indramayu)
Bandung - Polisi masih menyelidiki insiden kebakaran tangki di kilang minyak PT Pertamina, Balongan, Kabupaten Indramayu. Sejumlah pihak sudah dimintai keterangan sementara atas insiden tersebut.

"Beberapa yang diperiksa dari internal dan juga warga masyarakat," ucap Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri kepada wartawan di Bandung, Rabu (7/4/2021).

Kendati begitu, Dofiri belum menyebutkan berapa total orang yang sudah dimintai keterangan. Polisi memeriksa sejumlah orang untuk menggali dan mencari sumber penyebab kebakaran tersebut.

"Intinya kita ambil keterangan dari warga sekitar dan internal Pertamina-nya. Nanti lebih masuk lagi setelah olah TKP," kata Dofiri.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago menambahkan menjelaskan orang yang diperiksa tersebut rata-rata pegawai di kilang minyak Balongan.

"Ada lima karyawan yang sudah kita mintai keterangan, yang di bagian kesehatan, keselamatan dan keamanan lingkungan dan masyarakat setempat juga," kata dia.

Dari pemeriksaan tersebut, polisi belum menyimpulkan penyebab kebakaran itu. Penyidik masih akan melakukan pendalaman.

"Belum, karena kita belum menyentuh lokasi kebakaran, yaitu empat kilang yang terbakar, jadi kami belum masuk," tutur Erdi.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021), pukul 00.30 WIB. Belasan warga mengalami luka-luka. Selain itu, warga lainnya yang tinggal di dekat lokasi kejadian itu diungsikan.

Simak Video: Tangki Kilang Pertamina di Balongan Sempat Kobarkan Api Lagi

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)