Jelang Ramadhan, Harga Daging Ayam di Cianjur-Purwakarta Meroket

Ismet Slamet - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 13:03 WIB
Harga daging ayam di pasar tradisional Purwakarta meroket
Harga daging ayam di pasar tradisional Purwakarta meroket (Foto: Dian Firmansyah)
Cianjur -

Beberapa hari menjelang Ramadhan, harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cianjur mulai naik. Kini harga daging ayam potong mencapai Rp 38 ribu per kilogram.

Jihan (25) pedagang daging ayam Pasar Muka, mengatakan harga daging ayam mulai naik sejak pekan lalu. Biasanya harga daging ayam hanya berkisar di angka Rp 30 ribu hingga Rp 32 ribu per kilogram.

Bahkan harga sempat anjlok hingga harga ayam hanya Rp 28 ribu per kilogram. Namun beberapa hari terakhir harganya melonjak hingga Rp 38 ribu per kilogram.

"Kalau sekarang sudah Rp 38 ribu per kilogram. Tapi sebagian masih ada yang jual Rp 36 ribu per kilogram, biasanya itu yang jual cepat meskipun untungnya minim. Kebanyakannya jual Rp 38 ribu," kata dia, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya para pedagang hanya mengikuti kenaikan harga dari distributor. Saat ini harga ayam hidup sudah mencapai Rp 24 ribu per kilogram.

"Dari pemotongan dan distributor sudah mahal. Kalau pedagang kan menyesuaikan," tuturnya.

Jihan menjelaskan biasanya harga ayam memang mengalami kenaikan di momen menjelang Ramadan dan Idul Fitri. "Untuk stok sebenernya normal, tapi karena permintaan tinggi jadi seperti stok itu terbatas. Makanya harga jadi naik," kata dia.

Bahkan lanjut Jihan, kemungkinan harga daging ayam potong saat H-1 Ramadan dan Idul Fitri bisa mencapai Rp 40 ribu per kilogram. "Kalau sekarang sudah Rp 38 ribu, kemungkinan nanti bisa Rp 40 ribu per kilogram," kata dia.

Sementara itu, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan Pemkab akan segera mengecek kondisi harga pangan di pasar. Bahkan rencananya peternak dan distributor dikumpulkan untuk mencegah lonjakan harga pangan, terutama daging ayam dan sapi jelang momen Ramadan serta Idul Fitri.

"Secepatnya akan cek harga, untuk mengetahui kondisi di lapangan. Kalau memang ada masalah di distributor dan peternak, kita akan panggil untuk dicari solusi bersama agar harga bisa tetap stabil," pungkasnya.

Harga Daging Ayam dan Sapi di Purwakarta Naik

Sepekan jelang memasuki bulan Ramadhan, harga kebutuhan pokok di pasar tradisional, Pasar Rebo Purwakarta terus merangkak naik.

Kenaikan terjadi seperti pada harga daging ayam potong dan daging sapi. Di waktu normal harga daging ayam dijual seharga Rp. 30 ribu per kilogram, kemudian naik menjadi Rp. 34 ribu dan saat ini kembali naik menjadi Rp 38 ribu per kilogram.

"Kenaikan jadi 38 ribu ini sudah satu Minggu, naiknya sedikit-sedikit," ujar Dedeh Juriyah ditemui di kiosnya di Pasar Rebo Purwakarta, Selasa (06/05/2021).

Dedeh mengatakan jika kenaikan harga akan kembali terjadi ketika mendekati bulan puasa maupun jelang lebaran nanti. "Tahun kemarin naik sampai Rp 40 ribu lebih per kilogramnya," katanya.

Sementara harga daging sapi naik menjadi Rp 135 ribu per kilogram dari harga sebelumnya mencapai Rp 125 -130 per kilogram.

"Kemungkinan akan naik lagi mendekati puasa. Perkiraan ini mah ya naiknya sekitar lima ribuan. Jadi harga antara Rp 140 hingga Rp 150 ribu per kilogram," ungkap Oleh Sanjaya pedagang daging sapi.

Simak video 'Jelang Ramadhan, Harga Daging Sapi di Purwakarta Mulai Meroket':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)