Resahkan Warga Majalengka, Belasan Motor Berknalpot Bising Diamankan Polisi

Bima Bagaskara - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 19:36 WIB
Belasan sepeda motor berknalpot bising diamankan polisi Majalengka.
Belasan sepeda motor berknalpor bising diamankan polisi (Foto: Istimewa).
Majalengka -

Belasan sepeda motor yang menggunakan knalpot bising diamankan Satreskrim Polres Majalengka. Kelompok pengendara sepeda motor itu diamankan karena dianggap arogan dan mengganggu kenyamanan warga.

Kasatreskrim Polres Majalengka AKP Siswo DC Tarigan mengatakan ada 13 kendaraan dengan knalpot bising yang terlibat konvoi. Menurutnya kelompok pengendara itu diamankan setelah pihaknya menerima laporan dari masyarakat.

"Kami dapat informasi dari masyarakat ada kelompok pengendara yang diduga arogan dan hampir terlibat gesekan dengan warga. Mendapat laporan itu tim langsung bergerak dan mengamankan 13 motor di jalan raya depan Bataliyon Raider 321 Majalengka," kata Siswo dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (3/4/2021).

Saat diamankan kata Siswo, belasan kendaraan tersebut telah dimodifikasi dengan menggunakan knalpot bising. Setelah diamankan di lokasi, sepeda motor dan pemiliknya langsung dibawa ke Mapolres Majalengka.

"Mereka jika sudah berkendara dalam jumlah banyak cenderung menampilkan sisi arogansinya. Makanya sepeda motor dengan knalpot bising beserta pemiliknya langsung diamankan ke Mapolres kemudian diserahkan Satuan Lalu Lintas," ucapnya.

Sementara itu Kapolres Majalengka AKBP Syamsul Huda mengungkapkan sangat mengapresiasi respons masyarakat Majalengka terkait adanya kendaraan dengan knalpot bising.

Menurutnya Polres Majalengka akan terus menertibkan kendaraan yang tidak sesuai dengan standar seperti penggunaan knalpot bising yang menggangu kenyamanan masyarakat.

"Bila warga melihat ada aksi kebut-kebutan yang dilakukan kelompok pengendara bisa langsung menghubungi kepolisian terdekat atau hubungi 110," ujar Syamsul.

Masih kata Syamsul para pengendara motor yang diamankan tersebut akan diberi sanksi tilang sesuai dengan undang-undang lalu lintas. Selain itu pemiliknya juga akan dites urine.

"Kendaraan kita tilang sementara pemiliknya dites urine untuk mengantisipasi ada yang menggunakan narkoba. Hasilnya tadi semua negatif," ujarnya.

"Kami minta kepada orang tua untuk ikut peduli mengawasi anak-anaknya agar tidak melakukan hal-hal yang melanggar aturan seperti memakai knalpot bising ini. Semuanya kita minta ganti lagi pakai knalpot standar," ujar Syamsul.

Simak juga video '60 Kendaraan Terjaring Razia Knalpot Bising di Lembang':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)