Ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral Bandung Berlangsung Khidmat

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 14:50 WIB
Gereja Katedral Bandung
Suasana ibadah Jumat Agung dj Gereja Katedral Santo Petrus Bandung. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Perayaan Jumat Agung dalam memperingati Paskah di Bandung berlangsung khidmat. Sejumlah jemaat beribadah di gereja dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Sebagaimana pantauan detikcom di Gereja Katedral Santo Petrus Bandung di Jalan Merdeka, Kota Bandung pada Jumat (2/4/2021). Jemaat menjalani ibadah secara khusyuk.

Pelaksanaan ibadah sendiri dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan ketat. Para jemaat menjaga jarak sesuai yang sudah disiapkan oleh panitia gereja. Mereka pun terus menggunakan masker.

Sementara itu pintu gerbang gereja tak dibuka secara lebar. Pintu gerbang ditutup dan yang masuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Pastor Paroki Gereja Katedral Santo Petrus Bandung Barnabas Nono Juarno sebelumnya menyebutkan bahwa pelaksanaan Paskah dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Jemaat yang tak kebagian kuota, mengikuti ibadah secara virtual.

"Pada situasi normal, kapasitas Gereja Katedral Bandung, Plasa dan aula dapat menampung 1.500 umat. Namun sejak pelaksanaan perayaan misa dengan adaptasi kebiasaan baru jumlah umat yang dapat hadir hanya 230 orang, kurang dari 30 persen kapasitas gereja," ucap Pastor Paroki Gereja Katedral Santo Petrus Bandung Barnabas Nono Juarno dalam keterangannya.

Dalam peringatan Paskah ini, Gereja Katedral Santo Petrus Bandung mengangkat tema pekan suci 2021 : Hidup Sehat: Belarasa pada Sesama.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan mulai dari hari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Malam Paskah dan Minggu hari raya Paskah. Sementara itu terkait pengamanan, sejumlah aparat kepolisian di Bandung melakukan pengamanan maksimal. Bahkan beberapa anggota polisi berseragam lengkap melakukan patroli.

"Kita screening, sterilisasi, patroli di tempat ibadah, sementara itu juga dari satker Binmas dan Sabhara patroli, pengamanan terbuka dan terutup," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago.

Simak juga video 'Masjid Istiqlal Sediakan Parkir Bagi Jemaat Misa Jumat Agung':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)