Pengamanan Paskah, Polisi Bersenjata Kawal Gereja di Ciamis-Pangandaran

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 12:42 WIB
Pengamanan Gereja di Ciamis
Polisi bersenjata menjaga gereja saat momen Paskah 2021 di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -
Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana dan Dandim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani memantau pengamanan gereja saat momen peringatan Paskah 2021. Sebanyak 550 personel disebar di 13 gereja yang ada di Kabupaten Ciamis dan Pangandaran.
Pantauan detikcom, di beberapa gereja di perkotaan Ciamis terlihat dikawal polisi bersenjata disiagakan berjaga di depan pintu masuk gereja. "Kita bersama TNI mengamankan Paskah 2021. Di Ciamis dan Pangandaran ada 13 gereja. Pengamanan dilakukan dari hari Jumat sampai Minggu selama berlangsungnya Paskah," ujar Hendria saat memantau Gereja Pantekosta di Jalan Ir Juanda, Ciamis, Jumat (2/4/2021).
Hendria mengatakan tujuan pengamanan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi siapa saja pemeluk agama yang merayakan hari raya keagamaan.
"550 personel dilibatkan, termasuk dari TNI. Kita tempatkan anggota di setiap gereja dengan keperluannya. Personel dilengkapi senjata," ucap Hendria.
Pengamanan Gereja di CiamisKapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana dan Dandim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani memantau pengamanan gereja. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Dandim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani mengatakan pihaknya bersama dengan polisi ikut mengamankan untuk memberikan rasa aman bagi warga yang merayakan Paskah. "Karena ini libur panjang sama sama menempatkan personel dalam melaksanakan pengamanan sesuai yang telah dikoordinasikan," ucap Dadan.
Pendeta Andestor dari Gereja Pantekosta Ciamis mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan yang telah menjaga untuk memberikan rasa aman saat melaksanakan ibadah. "Sehingga di Jumat agung ini kami bisa beribadah dengan tenang. Saya berterima kasih kepada semua yang terlibat dalam menjaga keamanan ini," katanya.
Menurut Andestor, kehidupan beragama di Ciamis selama ini telah berjalan dengan baik. Bahkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Ciamis berjalan dengan baik.
"Saya sama lain menguatkan, untuk bersama-sama melawan teror dan melawan hal-hal yang dapat memecah belah bangsa kita," ucap Andestor.
Simak video 'Antisipasi Teror, Brimob Sterilisasi Gereja Katedral Denpasar':

(bbn/bbn)