Perjuangan Warga-Relawan Bangun Jembatan 'Indiana Jones' Tanpa Bantuan Pemerintah

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 17:50 WIB
Jembatan Indiana Jones di Lebak yang dibangun relawan nyaris rampung
Pembangunan jembatan gantung di Kabupaten Lebak, Banten (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom).
Lebak -

Warga Kampung Ciwaru di Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak tak lama lagi bisa menggunakan jembatan gantung 'Indiana Jones'. Mereka gotong royong bersama organisasi Relawan Kampung membangun jembatan yang amblas karena banjir pada akhir 2020 lalu.

Tim dari Relawan Kampung yang mengawasi pekerjaan Deni Agil mengatakan bahwa pembangunan jembatan mulai dilakukan dibantu warga pada 22-23 Januari. Warga antusias dan selalu ikut gotong royong demi bisa mempermudah akses mereka khususnya ke Kota Rangkasbitung.

Tiap akhir pekan, jumlah warga yang membantu bahkan hingga 50 orang. Apa saja mereka lakukan yang penting bisa memberikan kontribusi pembangunan jembatan.

"Tiap hari ada yang bantu, antusias masyarakat, setiap hari Minggu gotong royong rutinnya 30-50 orang," ujar Agil bercerita di lokasi pada Kamis (1/4/2021).

Tantangan pembangunan jembatan adalah hujan dan banjir karena jembatan tersebut membelah Sungai Ciberang. Tim Relawan Kampung yang biasa membangun jembatan gantung, 2 bulan ini menemukan tantangan karena sering hujan.

"Kesulitannya cuaca, ada empat lubang pondasi beres dibangun, malam hujan longsor lagi," ujarnya.

Di lokasi jembatan, warga memang terlihat membantu sesuai dengan keahlian masing-masing. Pembangunannya dikebut agar warga bisa memanfaatkan saat bulan Ramadhan. Ada yang terlihat mengaduk semen, memotong kayu dan melakukan finishing bangunan.

"Masyarakat juga bantu bangun pasang seadanya membantu," Ketua RT setempat bernama Wastim.

RT bahkan bercerita jembatan di kampungnya sudah 4 kali ambruk oleh aliran sungai Ciberang. Pada 2012 publik baru menamai jembatan di Ciwaru dengan embel-embel 'Indiana Jones'. Ini karena publik melihat keberanian anak-anak menyeberangi jembatan yang hampir putus tanpa takut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Lebak Maman Suparman mengatakan pembangunan jembatan di Lebak terkendala anggaran. Karena setiap desa ada minimal 2 jembatan gantung. Sedangkan total desa sendiri hingga 340 desa.

"Lebak ini terdiri dari sungai-sungai besar, Ciujung, Cidurian, Cisimet sehingga kurang lebih hampir 900 jembatan," ujar Maman saat dihubungi.

Untuk membangun jembatan-jembatan gantung itu, pemerintah kadang mengandalkan donasi berupa CSR. Termasuk jembatan Indiana Jones yang dulu dibangun oleh CSR dari BUMN dan karena roboh kembali maka dibantu oleh organisasi Relawan Kampung.

(bri/mso)