Mantap! Dibangun Relawan, Jembatan 'Indiana Jones' Lebak Hampir Rampung

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 16:57 WIB
Jembatan Indiana Jones di Lebak yang dibangun relawan nyaris rampung
Jembatan Indiana Jones di Lebak yang dibangun relawan nyaris rampung (Foto: Bahtiar Rifa'i)
Lebak -

Jembatan gantung Desa Sangiang Tanjung, Kecamatan Kalanganyar, Lebak yang disebut-sebut jembatan Indiana Jones hampir rampung. Jembatan ini dibangun oleh Relawan Kampung dari donatur.

Jembatan ini bahkan sempat dibahas belum lama ini oleh DPR RI bersama Kementerian PUPR. Kabupaten Lebak memang dikenal banyaknya jembatan karena khususnya di aliran sungai Ciujung, Ciberang dan Cisimeut dan lain-lain.

Jembatan Indiana Jones dikenal karena runtuh pada 2012 lalu karena luapan sungai Ciberang. Jembatan lalu dibangun dari dana CSR Krakatau Steel tapi kembali amblas pada akhir 2020 karena luapan sungai dan longsor.

Saat detikcom ke lokasi tepatnya di Kampung Ciwaru, jembatan dibangun dengan gotong royong masyarakat dan Relawan Kampung. Pengerjaannya hanya tinggal beberapa persen dan sudah bisa dilewati namun belum dibuka untuk umum.

Pekerja terlihat mengerjakan pengecatan dan pengelasan tahap akhir. Warga yang ingin melintas, bisa menggunakan getek eretan yang dibantu oleh anak-anak remaja.

Ketua RT setempat Wastim mengatakan, jembatan di kampungnya dikenal Jembatan Indiana Jones karena 2012 lalu warga bergelantungan saat jembatan hampir ambrol. Berit itu bahkan diketahui oleh media massa secara nasional.

Akhirnya jembatan ini dibangun oleh perusahaan BUMN namun saat musim hujan 2020 kena longsor.

"Rubuh akhir 2020, ini pembangunan hampir tiga bulan sejak Januari," kata Wastim di Kalanganyar, Lebak, Kamis (1/4/2021).

Jembatan ini dibangun oleh Relawan Kampung. Mereka bersyukur sekali ada organisasi yang membantu akses jembatan. Karena akses itu jadi yang utama apalagi warga yang akan ke Rangkasbitung.

"Memang jalur utama kalau mau ke pasar Rangkas, kadang-kadang sekarang lewat bawa getek, kalau jalan kaki muter ke desa lain," ujarnya.

Tim dari Relawan Kampung yang mengawasi pekerjaan Deni Agil mengatakan, jembatan ini akan rampung pada hari Minggu (4/4) pekan ini. Jembatan ini dibangun berkat gotong royong bersama masyarakat dan donatur.

"Masyarakat antusias, masyarakat bantu. Setiap hari minggu gotong royong," kata Agil.

Relawan Kampung memang dikenal sebagai yayasan yang biasa membantu membangun jembatan di Banten. Jembatan Indiana Jones dibangun atas donasi dari Uni Emirat Arab. Panjang 100 meter dan lebar 1,6 meter.

"Iya betul dibangun alhamdulillah, donaturnya dari Uni Emirat Arab," kata Relawan Kampung M Arif Kirdiyat kepada detikcom belum lama ini.

Tonton juga Video: Kisah Jembatan Indiana Jones di Tepi Ibu Kota

[Gambas:Video 20detik]



(bri/mud)