Tersisa 1 Tangki yang Masih Terbakar di Kilang Pertamina Indramayu

ADVERTISEMENT

Tersisa 1 Tangki yang Masih Terbakar di Kilang Pertamina Indramayu

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 15:20 WIB
Tangki di Kilang Pertamina Indramayu Terbakar
Kebakaran tangki di kilang Pertamina Indramayu. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Indramayu -

Petugas pemadam kebakaran kembali berhasil memadamkan satu tangki yang terbakar kilang PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Total tiga tangki yang berhasil dipadamkan, dari empat tangki yang terbakar.

Dikutip dari laman pertamina.com, tangki yang berhasil dipadamkan yaitu T-301G, sekitar pukul 08.30 WIB. "Tangki T-301G telah padam dan ikhtiar tim emergency di lapangan terus berlanjut untuk mematikan api di tangki T301-F," kata Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto, Rabu (31/3/2021).

Agus menerangkan skenario pemadaman titik api di tangki T-301F masih terus dilakukan. Saat ini tim kedaruratan sedang mengarahkan pengaturan orientasi peralatan pemadam api dengan sasaran tangki T-301F yang masih terbakar.

"Diharapkan api di area tangki T-301 seluruhnya dapat padam hari ini. Kami masih terus melakukan upaya pendinginan di 3 tanki yang telah padam dan memastikan tidak ada potensi api muncul kembali. Kami mohon doa dari masyarakat Indonesia," kata Agus.

Sebelumnya, Unit Manager Commrel dan CSR Pertamina RU VI Balongan Indramayu Cecep Supriyatna membenarkan dua tangki yang terbakar berhasil dipadamkan. "Iya betul. Hari ini dua tangki sudah padam," kata Cecep kepasa detikcom melalui pesan singkatnya, Rabu (31/3/2021).

Sekadar diketahui, pada Senin (29/3/2021) sekitar pukul 00.45 WIB, empat tangki di kilang Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu terbakar. Proses pemadaman api di bantu juga oleh unit Pertamina Cilacap.

Pantauan detikcom, sekitar pukul 14.00 WIB, kepulan asap hitam di lokasi kebakaran masih membubung ke langit. Namun, tak setebal hari sebelumnya. Masih terlihat kobaran api di lokasi kebakaran.

Sementara itu, dari data yang dirilis Diskominfo Kabupaten Indramayu menyebutkan empat tangki yang terbakar itu, yakni T-301E, T-301F, T-301G dan T301H. Dua tangki yang berhasil dipadamkan yakni T-301H dan T-301E. Kedua tangki itu berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.30 WIB dan 06.44 WIB, Rabu (31/3/2021).

"Alhamdulillah dua titik api telah berhasil dipadamkan, yaitu tangki T-301H dan T-301E. Dua tangki lainnya yaitu T-301F dan T-301G masih kita teruskan kerahkan (pemadaman)," kata Senior Vice President Corporate Communications dan Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto dalam rilis Diskominfo Kabupaten Indramayu

Foto : Sudirman Wamad

Simak Video: Situasi Terkini Kilang Minyak Pertamina Indramayu

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT