2 Tangki Terbakar di Kilang Pertamina Indramayu Berhasil Dipadamkan

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 12:54 WIB
Kebakaran yang terjadi di kilang Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, belum pada. Begini kondisi terkininya.
Kebakaran tangki di kilang Pertamina Indramayu. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Indramayu -

Petugas berhasil memadamkan dua tangki dari empat tangki yang terbakar di kilang PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Unit Manager Commrel dan CSR Pertamina RU VI Balongan Indramayu Cecep Supriyatna membenarkan dua tangki yang terbakar berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar. "Iya betul. Hari ini dua tangki sudah padam," kata Cecep kepada detikcom melalui pesan singkatnya, Rabu (31/3/2021).

Sekadar diketahui, pada Senin (29/3/2021) sekitar pukul 00.45 WIB, empat tangki di kilang Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu terbakar. Proses pemadaman api di bantu juga oleh unit Pertamina Cilacap.

Sementara itu, dari data yang dirilis Diskominfo Kabupaten Indramayu menyebutkan empat tangki yang terbakar itu, yakni T-301E, T-301F, T-301G dan T301H. Dua tangki yang berhasil dipadamkan yakni T-301H dan T-301E. Kedua tangki itu berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.30 WIB dan 06.44 WIB, Rabu (31/3/2021).

"Alhamdulillah dua titik api telah berhasil dipadamkan, yaitu tangki T-301H dan T-301E. Dua tangki lainnya yaitu T-301F dan T-301G masih kita teruskan kerahkan (pemadaman)," kata Senior Vice President Corporate Communications dan Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto dalam rilis Diskominfo Kabupaten Indramayu.

Pertamina melakukan pendinginan terhadap dua tangki yang telah padam. Sementara itu, proses pemadaman akan fokuskan terhadap dua tangki yang masih terbakar.

Polisi belum memastikan penyebab kebakaran di empat tangki milik RU VI Balongan Kabupaten Indramayu. "Memang diinformasikan ke kami ada dugaan sementara terjadinya ledakan atau kebakaran di kilang minyak Balongan Indramayu ini karena ada pipa yang bocor, ada kebocoran pipa," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, kemarin.

Erdi berujar, dugaan tersebut baru sementara. Polisi akan melakukan penyelidikan lebih dalam untuk mencari sumber kebakaran tersebut.

(bbn/bbn)