Jasa Marga Operasikan Gerbang Tol Sementara di Exit Cileunyi

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 19:39 WIB
Jasa Marga Aktifkan Gerbang Tol Sementara di Exit Cileunyi
Gerbang tol sementara di exit Cileunyi (Foto: Dok.Jasa Marga)
Bandung -

Dampak dari pembangunan Interchange (IC) Cileunyi yang akan mengintegrasikan Ruas Jalan Tol Padaleunyi dan Ruas Jalan Tol Cisumdawu, Jasa Marga Metropolitan Tollroad selaku pengelola Ruas Jalan Tol Padaleunyi, akan mengoperasikan Gerbang Tol (GT) sementara akses exit tol Cileunyi.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk tetap menjaga pelayanan kepada pengguna jalan tol. Serta memastikan terpenuhinya kapasitas transaksi di GT Cileunyi akibat akan dilaksanakannya pembongkaran GT Cileunyi Satelit dan penyelesaian pembangunan IC Cileunyi. Pengoperasian GT sementara akses keluar tol Cileunyi mulai diberlakukan pada Rabu (31/3/2021), pukul 00.00 WIB.

General Manager Representative Office 3 Jasa Marga Metropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto mengatakan GT sementara ini dioperasikan untuk tetap memastikan pelayanan kepada pengguna jalan tol di bidang layanan transaksi. "Karena sebagian lokasi IC Cileunyi yang akan dibangun ada pada GT Cileunyi Satelit, sehingga harus dilakukan pembongkaran. Sembari menunggu selesainya pembangunan gerbang tol baru oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sebagai gerbang integrasi antara Jalan Tol Padaleunyi dan Jalan Tol Cisumdawu," kata Thomas dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (30/3/2021).

"Guna memastikan pelayanan kepada pengguna jalan tol tetap maksimal maka kami mengoperasikan gerbang tol sementara ini," Thomas menambahkan.

Thomas menegaskan, meski itu GT sementara, pihaknya tetap menjamin keamanan serta kenyamanan bagi pengguna jalan tol. Menurutnya, GT sementara tersebut nantinya mengoperasikan total 3 Gardu Tol Otomatis (GTO) Single, 3 GTO Multi dan 6 Gardu Oblique Approach Booth (OAB).

Namun saat ini masih memaksimalkan 3 GTO Single dan 3 GTO Multi, ditambah 2 GTO Single arah keluar pada GT Cileunyi Utama yang masih tetap digunakan sehingga total gardu yang dioperasikan adalah 8 unit. Hal ini akan berlangsung sampai 6 OAB pada GT sementara selesai dibangun.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan pastikan kecukupan saldo uang elektroniknya. Lakukan pembaharuan informasi lalulintas dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, di Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080," kata Thomas.

(wip/bbn)