Kebakaran Tangki Pertamina, BMKG: Tidak Terdeteksi Petir di Kilang Balongan

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 15:55 WIB
Kebakaran yang terjadi di kilang Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, belum pada. Begini kondisi terkininya.
Kebakaran tangki di kilang Pertamina, Balongan, Kabupaten Indramayu. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Indramayu -

Api melalap tangki di kilang PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kebakaran diduga karena sambaran petir. BMKG tak mendeteksi adanya petir di area kilang Balongan saat itu.

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Rahmat Triyono mengatakan BMKG menganalisa dugaan adanya sambaran petir di sekitar lokasi kejadian kebakaran, sesuai dengan perkiraan waktu dan tempat kejadian. Sekadar diketahui, kejadian kebakaran itu terjadi sekitar pukul 00.45 WIB, Senin (29/3/2021).

"Berdasarkan hasil monitoring alat kelistrikan udara bahwa pada 29 Maret 2021 pada pukul 00.00- 02.00 WIB, menunjukkan kerapatan petir berkumpul pada bagian barat kilang minyak Balongan sejauh kurang lebih 77 kilometer, yaitu di sekitar Subang dengan klasifikasi tingkat kerapatan petirnya sedang-tinggi," kata Rahmat dalam keterangan yang diterima detikcom, Selasa (30/3/2021)

"Berdasarkan alat monitoring lightining detector yang berlokasi di BMKG Jakarta dan BMKG Bandung dari pukul 00.00 s/d pukul 02.00 WIB, bahwa tidak terdeteksi adanya aktivitas sambaran petir di wilayah kilang minyak Balongan, Indramayu," kata Rahmat menambahkan.

Sebelumnya, Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan dugaan sementara penyebab kebakaran karena terjadinya kebocoran. Saat itu, menurut Dofiri, kondisi cuaca tengah hujan disertai petir.

"Awalnya ada rembesan. Ada kebocoran tangki dan sedang dalam penanganan. Kemudian ada petir yang menyambar, apakah karena petir atau apa, kita belum tahu kepastiannya," kata Dofiri, Senin (29/3).

Lihat Video: Situasi Terkini Kilang Minyak Pertamina Indramayu

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)