Tangki di Kilang Balongan Terbakar, Wagub Uu: Pasokan BBM Aman Saat Ramadan

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 15:27 WIB
Kebakaran yang terjadi di kilang Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, belum pada. Begini kondisi terkininya.
Kebakaran tangki di kilang Pertamina, Balongan, Kabupaten Indramayu. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Indramayu -

Kebakaran terjadi di tangki area kilang PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pemprov Jabar memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Jabar aman saat Ramadhan.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Pertamina terkait pasokan BBM. "Kalau pasokan BBM untuk wilayah Jawa Barat aman, termasuk pada saat umat muslim Jawa Barat menjalani puasa di bulan suci Ramadhan. Tinggal 13 hari lagi," kata Uu kepada awak media usai meninjau lokasi kebakaran kilang Pertamina di Balongan, Indramayu, Selasa (30/3/2021).

Uu mengatakan kebakaran terjadi pada tangki, tepatnya lokasi T-301G milik RU VI Balongan. "Jadi bukan kilang, melainkan tangki. Tidak terlalu besar, tapi kita bukan menganggap ini kecil," kata Uu.

Uu tak bisa menjelaskan tentang kronologi dan penyebab terjadinya kebakaran. Ia menyerahkan sepenuhnya penanganan kebakaran kepada pihak Pertamina dan terkait lainnya.

"Kami yakin Pertamina akan mengantisipasi dampak sosial dari kejadian ini dengan baik. Sehingga tidak ada kerugian masyarakat," kata Uu.

Kebakaran terjadi di PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Senin (29/3/2021). Akibat kejadian tersebut sejumlah rumah yang berada di dekat kawasan PT Peramina RU VI Balongan rusak.

Pantauan detikcom, sejumlah rumah yang berada di RT 01 RW 01 Desa Balongan, Kecamatan Balongan. Kerusakan rata-rata terjadi pada bagian kaca jendela dan plafon rumah. Sebagian masyarakat di RT tersebut masih mengungsi.

Salah seorang pemilik rumah, Kardawi, mengaku plafon rumahnya ambruk setelah terjadi ledakan di lokasi kebakaran. Saat itu, Kardawi tengah melaksanakan salat hajat.

"Kejadian itu sekitar jam satu pagi, saya lagi salat hajat. Terus plafon ambruk," kata Kardawi saat ditemui detikcom di kediamannya, Selasa (30/3/2021).

Simak Video: Situasi Terkini Kilang Minyak Pertamina Indramayu

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)