BPBD Bandung: Ada 3 Desa di Cimenyan Terdampak Puting Beliung

Muhamad Iqbal, Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 14:51 WIB
Warga bersihkan puing bangunan yang ambruk diterjang puting beliung.
Dampak angin puting beliun di Bandung (Foto: Muhammad Iqbal)
Bandung -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menyebutkan ada tiga desa yang terdampak akibat hantaman angin puting beliung. Di tiga desa tersebut angin puting beliung menghantam ratusan rumah, pohon dan tiang listrik.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandjng Akhmad Djohara. Warga di tiga desa tersebut pun tengah sibuk membersihkan puing-puing bekas rumah mereka yang terhantam angin puting beliung tersebut.

"Dari kejadian hari Minggu kemarin, dari laporan di lapangan yang terdampak itu tiga desa, Desa Mekarsaluyu, Desa Ciburial dan Desa Cimenyan," ungkap Akhmad kepada detikcom di lokasi kejadian, Senin (29/3/2021).

Akmad mengatakan, saat ini pihaknya beserta sejumlah relawan membantu warga membersihkan sisa puing-puing rumah. Selain itu, pihaknya tengah mencoba membuka akses jalan yang masuk tertutup akibat tumbangnya pohon.

"Yang sudah dilakukan kita memberikan bantuan darurat, sore dan malam hari ketika kejadian. Tim cepat kami membantu memotong kayu yang roboh, sehingga akses mobil PLN yang akan memperbaiki listrik," kata Akmad.

Hingga saat ini, masyarakat masih belum bisa mengakses listrik. Gardu listrik yang berada di tepi jalan rusak akibat terhantam oleh angin puting beliung.

Akmad mengimbau agar masyarakat lebih waspada di tengah musim yang tidak menentu saat ini.

Sebelumnya, puting beliung yang berwarna hitam pekat menghantam rumah warga, Minggu (28/3) sore. Warga yang melihat angin tersebut mengamankan diri dengan bertahan di rumah, dan sebagian lagi bersembunyi di tempat yang aman.

Lihat juga Video: Puting Beliung di Perairan Barru Picu Kepanikan Nelayan

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2