Kilang Pertamina Balongan Terbakar, Hiswana Migas Sukabumi: Stok BBM Aman

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 11:14 WIB
Kepulan asap hitam di lokasi kebakaran Pertamina Balongan, Indramayu
Kepulan asap di lokasi kebakaran Kilang Minyak Pertamina, Balongan (Foto: Sudirman Wamad/detikcom).
Sukabumi -

Kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari. Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Sukabumi meminta warga tidak panik.

Ketua Hiswana Migas Sukabumi Yudha Sukmagara memastikan stok BBM di sejumlah depot dalam kondisi aman. Pasokan untuk sejumlah SPBU di Kabupaten Sukabumi juga dalam kondisi aman.

"Saya mengimbau masyarakat tidak usah khawatir dengan adanya kejadian di Balongan tidak akan mengganggu 'supply chain' BBM di Kabupaten Sukabumi. Insya Allah tidak usah panik BBM akan terjamin stoknya 10 hari ke depan," kata Yudha yang juga Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi tersebut kepada detikcom, Senin (29/3/2021).

Yudha mengatakan begitu insiden kebakaran itu terjadi, pihaknya langsung berkomunikasi dengan Pertamina. Informasi yang ia peroleh stok di Jawa Barat di sejumlah depot dalam kondisi aman.

"Dengan adanya insiden di Kilang Pertamina Balongan, Indramayu, kami sudah mendapat informasi dari Pertamina, kita sudah koordinasi Insya Allah supply minyak untuk Jawa Barat dalam kondisi aman karena stokpun sudah terjamin di tiap depot masing-masing," jelas Yudha.

"Jadi dengan adanya kejadian di Balongan depot di Padalarang, Plumpang, dan depot-depot sebagai tempat penyimpanan di Gedebage semua dalam kondisi aman untuk supply se-Jawa Barat. Sukabumi aman, di supply dari Depot Padalarang," sambung dia.

Yudha juga mengapresiasi langkah-langkah Pertamina dalam upaya menangani insiden tersebut. "Insya Allah Pertamina menghandle dengan baik, informasi upaya pemadaman masih terus dilakukan," ujar Yudha.

Sebelumnya, kilang Pertamina Balongan di Indramayu terbakar hebat. Titik kebakaran terjadi pada tangki T-301G. Insiden kebakaran tersebut berlangsung Senin (29/3/2021) dini hari, pukul 00.45 WIB.

"Terjadi insiden di kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G," kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya.

"Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir. Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran," Ifki menambahkan.

(sya/mso)