Pemkab Pangandaran Belajar Kelola Sampah ke Kota Surabaya

Faizal Amiruddin - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 11:54 WIB
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengunjungi TPST Jambangan, Surabaya.
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengunjungi TPST Jambangan, Surabaya (Foto: Dokumentasi Humas Pangadaran).
Pangandaran -

Puluhan pejabat Pemkab Pangandaran melakukan studi banding ke sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Salah satu tujuan kegiatan ini adalah melihat sistem pengelolaan sampah di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Rombongan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata melihat langsung kondisi Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Jambangan di Kota Surabaya.

"Sengaja kita datang untuk melihat dari dekat pengelolaan sampah di Kota Surabaya. Dengan harapan bisa diterapkan di Pangandaran," kata Jeje via sambungan telepon, Kamis (25/3/2021).

Dia mengaku terkesan dengan TPST Jambangan Surabaya karena ternyata sampah bisa dimanfaatkan sebagai penghasil energi listrik.

"Bisa jadi bahan pembangkit energi listrik. Disamping pemanfaatan lain yang sudah lumrah seperti diolah menjadi pupuk dan lainnya," kata Jeje.

Selain itu, kata Jeje, keberadaan TPST itu ternyata bisa juga menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak. "Ini akan saya coba terapkan di Pangandaran. Nanti kita bahas lebih lanjut di Pangandaran," kata Jeje.

Dia menambahkan masalah persampahan di Pangandaran sudah harus mendapatkan penanganan yang serius. Produksi sampah di Pangandaran terus meningkat. Selain sampah lingkungan warga, produksi sampah di objek wisata juga menjadi persoalan yang harus ditangani serius.

"Pangandaran juga perlu membuat tempat pembuangan sampah terpadu, agar sistem pengelolaan persampahan menjadi lebih baik," kata Jeje.

Selain study banding sistem pengelolaan sampah, ada dua poin lagi yang menjadi target kegiatan study banding di tengah pandemi Corona ini.

"Study banding ini kita fokus pada 3 hal yakni tentang pengolahan sampah, pemberdayaan UMKM dan pengelolaan pajak atau retribusi," kata Jeje.

(mso/mso)