Stilasi Bandung Lautan Api Dibidik Jadi Destinasi Wisata Sejarah

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 11:01 WIB
Bandung -

Wali Kota Bandung Oded M Danial menyambut baik usulan Ketua DPRD Kota Bandung Teddy Rusmawan soal stilasi Bandung Lautan Api dijadikan destinasi wisata sejarah. Oded sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, termasuk satuan dinas di lingkungan Pemkot Bandung.

"Sudah saya koordinasi dengan pak sekda, dengan dinas terkait, Dinas PU dan Disbudpar. Usulan ketua dewan bagus sekali, sekalian tapak tilas dan mengetahui perjuangan semangat Bandung Lautan Api," kata Oded di Balai Kota Bandung, Kamis (25/3/2021).

Soal bagaimana bentuk wisata sejarah itu, Oded segera membahas dan merancangnya dengan berbagai pihak. "Ketika ada gagasan dari mana pun datangnya kita respons positif. Kita koordinasikan seperti apa nanti bentuk dan mekanismenya," ucap Oded.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Bandung Teddy Rusmawan menilai tugu bersejarah berupa 10 Stilasi Bandung Lautan Api itu tidak terawat. "Monumen yang disebut stilasi itu saksi sejarah Bandung Lautan Api. Stilasi itu kondisinya kurang terawat, kita mendorong untuk merevitalisasi," ujar Teddy di Balai Kota Bandung, Rabu (24/3).

Menurut dia, keberadaan stilasi itu bisa menjadi media edukasi dan pembelajaran bagi warga Kota Bandung. "Agar warga kita Bandung tahu, saya minta ke Pemkot agar membuat wisata sejarah, dari Dago sampai ke Mohammad Toha," kata Teddy.

(wip/bbn)