Luncurkan 'Sisumaker', Bupati Majalengka Soroti Ponsel Jadul Kadis

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 14:03 WIB
Bupati Majalengka Luncurkan Aplikasi Sisumaker
Pemkab Majalengka meluncurkan aplikasi Sisumaker. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Majalengka -

Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Majalengka resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar (Sisumaker). Aplikasi itu dibuat untuk memudahkan pengelolaan persuratan dan proses disposisi secara elektronik di lingkungan Pemkab Majalengka.

Aplikasi Sisumaker diluncurkan Bupati Majalengka Karna Sobahi dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Majalengka Gatot Sulaeman pada Rabu (24/3/2021).

"Sistem ini lebih memudahkan dan mempercepat pelayanan dalam tata kelola pemerintahan serta komunikasi koordinasi di antara OPD di lingkungan Pemkab Majalengka," kata Karna saat usai acara tersebut.

Meski mengapresiasi adanya aplikasi Sisumaker, Karna mengakui sistem di Pemkab Majalengka tertinggal dengan beberapa daerah lain yang sudah terlebih dulu memakai aplikasi serupa. Ia meminta Diskominfo agar bisa menyesuaikan hal-hal penting yang harus ada di dalam aplikasi tersebut sehingga sistem tata kelola pemerintahan di Majalengka bisa lebih baik.

"Sistem yang kita launching ini sebetulnya agak tertinggal dengan daerah lain karena ada yang sudah lebih awal menggunakan sistem ini. Jadi saya minta kepada Diskominfo untuk segera menyesuaikan beberapa tuntutan penting yang jadi keharusan dalam sistem tata kelola pemerintahan yang baik," ucap Karna.

Selain itu, Karna mendorong semua kepala dinas (kadis) dan pejabat di Pemkab Majalengka untuk mulai mempelajari aplikasi Sisumaker. "Saya minta ini diikuti semua dinas karena yang pakai semua dinas. Handphone kepala dinas jangan yang jadul, harus yang bagusan dikit. Saya sendiri juga harus belajar untuk memanfaatkan aplikasi ini," tuturnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Majalengka Gatot Sulaeman menambahkan setiap satuan kerja di lingkungan Pemkab Majalengka harus menggunakan aplikasi Sisumaker. Nantinya proses masuk dan keluar surat dinas akan terintegrasi dengan sistem yang ada pada aplikasi tersebut.

Para pejabat pemerintah juga bisa langsung disposisi surat dan memberikan tanda-tangan elektronik. Para pejabat juga akan menerima notifikasi melalui pesan singkat jika ada surat masuk dan keluar.

"Para pejabat yang mendapat surat di aplikasi ini akan menerima notifikasi melalui SMS di smartphone-nya masing-masing. Nanti akan digunakan oleh semua kepala dinas dan pejabat struktural di lingkungan Pemkab Majalengka," kata Gatot.

Menurutnya, aplikasi Sisumaker itu merupakan aplikasi yang sama dengan yang digunakan oleh Pemkot Tangerang Selatan. "Aplikasi ini kita berbagi pakai dengan Kota Tangerang Selatan. Nanti kalau kita punya aplikasi bagus kita juga akan berbagi dengan daerah lain," ujar Gatot.

(bbn/bbn)