PPKM Mikro Majalengka Diperpanjang, Pergerakan Warga di Desa Diperketat

Bima Bagaskara - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 18:36 WIB
Bupati Majalengka Karna Sobahi
Bupati Majalengka Karna Sobahi ( Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Majalengka -

Pemkab Majalengka resmi memperpanjang pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro hingga 5 April 2021. Dalam pelaksanaan PPKM mikro untuk kesekian kalinya ini, Pemkab Majalengka akan fokus untuk menekan pergerakan warga ditingkat paling bawah mulai dari RT RW hingga desa.

"Tingkat efektivitas PPKM ini kan ada di level desa atau kelurahan makanya PPKM mikro ini berbasis RT RW. Jadi kita menekankan bagaimana pergerakan masyarakat di desa ini menjadi fokus dan perhatian," kata Bupati Majalengka Karna Sobahi saat ditemui di Gedung Graha Sindangkasih, Selasa (23/3/2021).

Menurut Karna, hingga hari ini kenaikan kasus positif COVID-19 di Kabupaten Majalengka masih didominasi oleh klaster keluarga yang berasa dari tingkat bawah RT RW dan desa. Dia meminta kepala desa di Kabupaten Majalengka untuk bisa menekan pergerakan warganya agar tidak menimbulkan kerumunan dan berkeliaran.

Karna berpesan jika yang menjadi kendala pengawasan warga adalah soal dana, kepala desa bisa menggunakan anggaran dana desa untuk menekan penyebaran virus corona di wilayahnya masing-masing. "Sudah ditekankan kepada kepala desa tidak ada alasan lagi kalau tidak ada dana, bisa dianggarkan dari dana desa untuk melakukan bagaimana masyarakat tidak berkeliaran dan tidak berkerumun," tuturnya.

"Tapi lagi-lagi tidak sederhana mengendalikan masyarakat itu dengan berbagai aktivitas mereka," ucap Karna menambahkan.

Sekadar diketahui, data hingga hari ini kasus positif COVID-19 di Kabupaten Majalengka telah menyentuh angka 2.429. Dari jumlah itu, 1.975 di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Sementara 205 orang masih menjalani isolasi mandiri, 64 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan 194 lainnya meninggal.

Lihat Video: DKI Perpanjang PPKM Mikro Hingga 5 April 2021

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)