Pulihkan Ekonomi di Jabar Efek Pandemi, JAFEST 2021 Resmi Digelar

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 12:32 WIB
Menkop UKM Teten Masduki membuka kegiatan JAFEST 2021 di Bandung
Menkop UKM Teten Masduki membuka kegiatan JAFEST 2021 di Bandung (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki resmi membuka acara Jabar Culture and Tourism Festival (JAFEST) 2021 di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (21/3/2021).

Usai memberikan sambutan, Teten bersama tiga orang perwakilan undangan melakukan permainan tradisional 'Perepet Jengkol'. Dengan diiringi lagu, Teten menari-nari, berputar melakukan gerakan permainan tradisional itu.

"Kami sangat mendukung sekali acara ini karena ini sangat penting dalam hal untuk pemulihan ekonomi nasional yang harus digerakkan. Pariwisata Jabar dikenal dengan budayanya dan jadi potensi besar dikembangkan dalam wisatanya," kata Teten dalam konferensi pers.

Selain itu, melalui acara ini ia berharap dapat mendorong perekonomian nasional, khususnya dalam pemulihan perekonomian pelaku UMKM.

"Kita mendorong pemulihan ekonomi nasional termasuk mendorong transformasi UMKM go dital, sekarang sudah 12 juta yang terhubung ke plat from nasional," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Jabar Atalia Kamil mengatakan, kegiatan ini digelar di lima kabupaten kota di Jabar di antaranya, Kota Bandung, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Garut yang digelar dari Tanggal Maret hingga 21 April 2021.

"Ini melibatkan banyak pihak yang luar biasa terutama peningkatan ekonomi di Jabar, ada empat ikatan alumni yang berkolaborasi di antaranya IKA UNPAD, IA ITB, ILUNI UI dan HA ITB, ini kolaborasi mudah-mudahan berlangsung dengan lancar dan meningkatkan dukungan dari pusat dan pemerintah daerah baik provinsi maupun kota kabupaten dan Dekranasda diseluruh provinsi Jawa Barat dan meningkatkan UMKM juga Parawisata di Jawa Barat," jelasnya.

Selain itu, ada juga perlombaan permainan tradisional di Jabar.

"Ada juga lomba-lomba dan mendorong kembali kaulianan barudak, namanya Ulinpiade, ini yang jadi menarik dan akan dihadiri banyak pihak oleh warga Jawa Barat," tambahnya.

Atalia berharap, dengan kegiatan ini bisa memulihkan perekonomian di Jabar di masa pandemi COVID-19 ini.

"Ini sebagai upaya pemulihan ekonomi di Jawa Barat, mudah-mudahan bisa menginspirasi kota kabupaten di provinsi lainnya di Indonesia," jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini juga dibuka Gubernur Jabar Ridwan Kamil secara daring dan mendapatkan arahan dari Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Simak juga 'RK: Setahun Covid-19, Saya Ucapkan Pendek Umur-Binasa Selamanya':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mud)