Tersengat Listrik, 4 Pekerja Pemasang Tiang Luka Bakar di Purwakarta

Dian Firmansyah - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 17:56 WIB
Empat pekerja di Purwakarta terluka usai tersengat listrik
Empat pekerja di Purwakarta terluka usai tersengat listrik (Foto: Dok polisi)
Purwakarta -

Empat orang pekerja mengalami luka bakar setelah tersengat listrik bertegangan tinggi, insiden ini terjadi ketika keempatnya tengah memasang tiang kabel milik salah satu perusahaan telekomunikasi, di wilayah Desa Cijaya, Campaka, Purwakarta.

"Kecelakaan kerja ini terjadi diduga akibat kelalaian pekerja. Korban 1, 2, dan 3 memegang sambil mendorong tiang dari bawah kemudian ujung tiang menempel di kabel listrik milik PLN tegangan tinggi sehingga timbul ledakan dan korban 1,2,3,dan 4 jatuh terpental dengan luka bakar seluruhnya," ujar Kapolsek Cempaka AKP Teguh Sujito, Kamis (18/03/2021).

Teguh menjelaskan kecelakaan ini terjadi ketika korban tengah mengganti tiang kabel, sebelumnya tinggi tiang 7 meter di ganti dengan tiang setinggi 9 meter. Penggantian itu dilakukan untuk kelancaran arus lalu lintas di sekitar lokasi yang diketahui kabel mulai kendur.

Akibat insiden ini 4 orang pekerja alami luka bakar, dan di lakukan perawatan di rumah sakit Bhakti Husada. Rata-rata korban mengalami luka bakar di bagian wajah, tangan dan tubuh.

"Korban di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, saat ini masih dalam penanganan tim medis," katanya.

Detikcom mencoba mengonfirmasi kondisi keempat korban yang tengah di rawat di ruang IGD rumah sakit itu, korban sudah ditangani dalam satu orang dinyatakan alami luka cukup parah.

"Satu korban kondisi kurang baik sedang kita maksimalkan sedangkan tiga pasien lainnya masih dalam keadaan cukup baik, kita tidak bisa pastikan 100 persen baik karena mereka trauma listrik,". Ujar dokter Jimmi yang menangani korban.

Berdasarkan pemeriksaan, satu korban alami luka bakar sekitar 20 persen grade 3, sedangkan tiga lainnya alami luka sekitar 10-15 persen.

"Kita tangani maksimal dan utamakan sirkulasi normal," kata dokter.

Sementara menurut saksi mata, korban yang sudah mencabut tiang sebelumnya, akan memasang tiang pengganti, namun nahan saat akan di berdirikan ujung tiang menempel kabel listrik yang melintang di sekitar lokasi.

"Jadi pas mau di berdirikan dan di masukkan ke lubangnya, ujung tiang nempel ke kabel. Terdengar suara seperti ledakan dan korban jatuh," kata Erik di lokasi kejadian.

(mud/mud)