Mensos Risma Usulkan ODGJ Dapat Jatah Vaksinasi Corona

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 15:37 WIB
Mensos Risma
Mensos Risma (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Bandung -

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengusulkan agar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) mendapatkan vaksin COVID-19. Dia mengaku sudah berbicara dengan Menteri Kesehatan.

"ODGJ itu pun kita usulkan untuk dapat vaksinasi, jadi semua kita usulkan," ujar Risma kepada wartawan di Politeknik Kesejahteraan Sosial (Polteksos) Kota Bandung, Kamis (18/3/2021).

Risma mengatakan pihaknya sudah berbicara bahkan mengirim surat ke Kementerian Kesehatan agar para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) diikutsertakan dalam program vaksinasi oleh pemerintah.

"Sudah, kita sudah kirim surat ke kementerian kesehatan untuk kita lakukan. Nanti kan ada jadwalnya, karena nggak bisa bareng, karena petugasnya juga tidak ada, jadi ada waktunya mereka dijawalkan. Bahkan yang di Istora Senanyan itu kita angkut 200 penyandang disabilitas untuk ke vaksin," tutur dia.

Mantan Wali Kota Surabaya ini mengaku berdasarkan data yang diperoleh, ada ratusan ribu orang yang masuk kategori PMKS di Indonesia ini. Angka ratusan ribu itu yang diusulkan untuk mendapat vaksin.

"Ada angkanya, cuma banyak, sekitar 142 ribu, kurang lebih segitu lah yang kita usulkan ke Kemenkes," kata dia.

Dari angka 142 ribu, kata Risma, ada yang sudah mendapatkan vaksin COVID-19. Menurut Risma, pemberian vaksin terhadap PMKS ini tak bisa dilakukan secara serentak.

"Sudah, itu di Jakarta sekitarnya kalau nggak salah ya, itu sudah, hanya karena memang tidak bisa bareng, karena petugasnya terbatas. Karena kemarin yang di Senayan itu harusnya hanya lansia, tapi kemudian minta juga, kebetulan saya sudah menyurat, tapi itu memang bisa di situ, jadi kita angkut ke sana," ujarnya.

Lihat juga Video: Tinjau Vaksinasi Guru Makassar, Jokowi Ingin Sekolah Bisa Tatap Muka

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mud)