Respons Gubernur Banten soal Warga Lebak Tagih Janji Jokowi Perbaiki Jembatan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 10:05 WIB
Kondisi jembatan sementara di Desa Ciladaeun, Lebak Gedong, Kabupate  Lebak
Kondisi jembatan sementara di Desa Ciladaeun, Lebak Gedong, Kabupaten Lebak. (Foto: Bahtiar Rifa'i/detikcom)
Serang -

Warga di Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, sampai hari ini menunggu janji Presiden Jokowi memperbaiki jembatan. Jembatan Muhara itu putus akibat banjir bandang pada awal tahun 2020. Warga setempat dan dari daerah sekitar bahkan mengumpulkan patungan puluhan juta saking ingin ada jembatan permanen.

Pihak Pemprov Banten mengetahui jembatan Muhara di aliran Sungai Ciberang saat ini belum diperbaiki. Akses jalan dan jembatan itu memang jadi kewenangan provinsi. Jembatan ini juga jadi akses utama transportasi umum kendaraan roda empat khususnya ke wilayah masyarakat kasepuhan Citorek.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Gubernur Wahidin Halim mengatakan rencana pembangunan jembatan itu terkendala karena pandemi COVID-19. Ia menegaskan tahun ini proses pembangunan jembatan itu sudah dalam tahap lelang.

"Kan lagi dilelang, harusnya kan (dibangun) 2020, kan ada COVID," kata Wahidin dikonfirmasi melalui aplikasi pesan di Serang, Kamis (18/3/2021).

Jubir Gubernur Banten Ujang Giri menambahkan rencana penanganan rehabilitasi dan jembatan ruas Cipanas-Warungbanten memang dianggarkan di 2021. Totalnya ada Rp 169 miliar dan masih dalam proses tender.

"Hanya sekitar 20 kilo meter lagi jalan rusak milik provinsi di wilayah Lebak di ruas Cipanas-Warungbanten," ujar Ujang Giri melalui aplikasi pesan dalam kesempatan berbeda.

Untuk jembatan, totalnya ada sekitar tujuh unit di Lebak yang masuk rencana pembangunan di tahun 2021 dan saat ini masih tender. Salah satunya adalah jembatan yang rusak dan putus di sungai Ciberang dan Cimadur.

Sebelumnya, jembatan Muhara di sungai Ciberang dalam kondisi belum dibangun sejak bencana banjir awal tahun 2020. Jembatan saat ini dibangun secara darurat dan sering membuat celaka pengguna. Selain terjal, saat hujan jembatan ini tidak bisa diseberangi. Pada saat bencana terjadi, Presiden Jokowi memang sempat ke lokasi dan berjanji ke warga bahwa jembatan akan dibangun empat bulan setelah bencana.

Simak video 'Warga Lebak Tagih Janji Jokowi Perbaiki Jembatan Putus':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/bbn)