Pulang dari Afrika, Warga Kota Bogor Terinfeksi Virus Corona B117

M Solihin - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 15:57 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono)
Bogor -

Seorang warga Kota Bogor dilaporkan terinfeksi virus B117 yang merupakan mutasi virus COVID-19. Pria ini terdeteksi di Bandara Soekarno Hatta setibanya di Indonesia usai kunjungan kerja di Afrika.

"Kita mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan bahwa ada salah satu warga yang baru kembali dari luar negeri kemudian terdeteksi virus Corona baru jenisnya B117," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Selasa (16/3/2021).

"Sudah dipastikan, apa namanya, terdeteksi oleh Kementerian Kesehatan di bandara (Soekarno Hatta) kemudian dilakukan isolasi. Kita dapat informasinya kemarin (Senin, 15/3/2021) malam," kata Dedie menambahkan.

Dedie menyebut, warga Kota Bogor tersebut saat ini ditangani oleh kementerian Kesehatan dan dirawat di Jakarta.

"Isolasinya di Jakarta, keluarganya ditinggal di Kota Bogor. Jadi termasuk yang bersangkutan juga dari kota Bogor tetapi baru melaksanakan kegiatan perjalanan ke luar negeri ke Afrika ya," ungkap Dedie.

Namun demikian, kata Dedie, saat ini Pemkot Bogor masih terus memantau perkembangan pasien positif B117 itu.

"Sudah diisolasi di Jakarta, kemudian sedang dalam proses memastikan bahwa yang bersangkutan sekarang sudah sembuh. Saya belum memonitor apakah sudah pulang atau belum," kata Dedie.

Selain itu, Satgas COVID-19 Kota Bogor juga memantau dan melakukan tracing terhadap keluarga yang berkontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif B117.

"Satu tetapi keluarganya tinggal di Bogor jadi kita inginnya B117 ini kan tidak menyebar. Kita pastikan lagi, keluarga yang kotak erat itu dilakukan tracing dan kemudian kalau misalnya ada gejala dan lainnya tentu harus ada langkah-langkah," kata Dedie.

(mud/mud)