Ngaku Tim Prabu, 2 Pria Bandung Rampas Barang-Kendaraan Pemuda

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 15 Mar 2021 22:06 WIB
pejalan kaki diminta dompetnya dengan menodongkan pisau
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono
Bandung -

Dua orang pria di Kota Bandung diringkus polisi. Keduanya ditangkap usia melakukan perampasan dengan mengaku-ngaku sebagai anggota tim Prabu Polrestabes Bandung.

Aksi itu dilakukan oleh tiga orang yakni Sony Aristianto (41), Windi Saputra (31) dan AS. Untuk tersangka AS masih berstatus buron.

Ketiga pelaku ini melakukan aksinya di seputaran kawasan Braga, Kota Bandung. Berbekal sepeda motor dan pakaian taktikal, mereka mendatangi setiap anak muda yang tengah nongkrong.

"Mereka berpura-pura mengaku sebagai anggota Polri dalam hal ini sebagai tim prabu. Mereka mendekati korban yang rata-rata anak di bawah umur dengan alasan mereka sedang mencari para tersangka kasus pembunuhan, pemerkosaan atau biasa yang dilakukan pengungkapan oleh anggota Polri," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Adanan Mangopang di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (15/3/2021).

Pelaku yang mendatangi sekelompok anak muda yang tengah nongkrong itu kemudian membawa satu orang korbannya dengan dalih akan dibawa ke kantor polisi atau pos terdekat. Namun bukannya dibawa ke tempat pos, pelaku justru membawa korban ke tempat yang sepi.

"Kemudian, barang-barang berharga korban diambil, termasuk kendaraan bermotornya, kemudian korban ditinggalkan di TKP," kata Adanan.

Aksi mereka terendus oleh tim unit Reskrim Polsek Sumur Bandung. Pelaku kemudian diburu dan berhasil diamankan di kawasan Tegalega, Kota Bandung.

"Pada saat kita amankan yang bersangkutan mencoba melarikan diri sehingga petugas menghadiahi timah panas," tuturnya.

Dari hasil pemeriksaan, salah satu pelaku merupakan residivis. Mereka juga mengaku sudah 10 kali beraksi dengan modus yang sama.

"Dari tersangka, kita peroleh keterangan sudah melakukan kegiatan ini sebanyak sepuluh kali, berarti ada sepuluh kali TKP, dengan modus yang sama," kata dia.

Lihat juga Video: Terekam CCTV, Gengster Aniaya dan Rampas Motor di Makassar

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mud)