Elektabilitas Meningkat, Ridwan Kamil: Fokus Kerja

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 15 Mar 2021 17:38 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Elektabilitas Ridwan Kamil di bursa calon presiden 2024 meningkat. Lantas apa tanggapan Gubernur Jawa Barat itu?

"Terus terang saya tidak mengkondisikan macam-macam, jadi teman media bisa melihat kerja fokus membereskan dan buzzer juga nggak ada," ucap Kang Emil sapaannya di Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (15/3/2021).

Elektabilitas Kang Emil sendiri meningkat berdasarkan hasil survei terbaru yang dirilis IndEX Research. Dalam survei yang dilakukan pada 25 Februari-5 Maret 2021 itu, Kang Emil menyalip Ganjar Pranowo di peringkat kedua dan kian mendekati Prabowo Subianto di puncak.

"Jadi kalau ternyata ada kenaikan saya syukuri, tapi hidup ini bekerja bukan dalam rangka untuk ada poin elektabilitas atau tidak," kata Emil.

Survei ini juga disebut untuk bursa capres 2024. Menanggapi soal bursa capres, Kang Emil juga belum mau menanggapi lebih dalam dan masih ingin fokus bekerja terutama menangani pandemi COVID-19.

"Dan urusan 2024 juga tidak matematis, sekarang tinggi, pasti berjodoh, survei membuktikan tidak selalu begitu, yang penting mah kerja fokus saya ingin lihat covid beres baru ngomongin yang lain-lain," tutur dia.

Elektabilitas Ridwan Kamil (RK) di bursa Capres 2024 meningkat setelah satu tahun pandemi COVID-19. Dalam survei yang dilakukan IndEX Research pada 25 Februari-5 Maret 2021, RK menyalip Ganjar Pranowo di peringkat dua dan kian mendekati Prabowo Subianto di puncak.

Peneliti IndEX Research Hendri Kurniawan mengatakan, elektabilitas RK sempat naik turun tahun lalu. Pada Februari 2020, elektabilitasnya berkisar di angka 7,3 persen, kemudian meningkat ke angka 8,9 persen(Mei 2020), 12,7 persen (Agustus 2020), dan turun kembali ke angka 7,8 persen pada November.

"RK mampu menjaga ritme sebagai tokoh daerah, seperti Ganjar Pranowo yang bisa menjaga ritme kapan dia muncul dan membuat gebrakan kebijakan," kata Hendri saat dihubungi detikcom, Senin (15/3/2021).

Dalam daftar elektabilitas tokoh pada Maret 2020 yang disusun IndEX, Prabowo Subianto masih kokoh berada di puncak dengan mengantongi 20,4%, kemudian RK (14,1 persen), Ganjar Pranowo (13,5 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (7 persen), Sandiaga Uno (6,8 persen).

"Untuk Prabowo jelas tidak mengalami kenaikan dan penurunan yang signifikan," katanya.

Menariknya elektabilitas Anies Baswedan terus merosot meski memiliki modal survei elektabilitas sebesar 11,4 persen pada Februari 2020. Pada survei kali ini, Anies mendapatkan elektabilitas 6,3 persen.

"Anies sendiri karena beberapa hal yang terjadi di Jakarta, kemudian juga ya hari ini yang dilihat publik, banjir masih belum teratasi," ujar Hendri.

Hendri mengatakan, survei yang dilakukan IndEX mengambil sampel 1.200 responden yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan masa pengambilan data pada 25 Februari-5 Maret 2021.

Simak juga Video: Ridwan Kamil Tinjau Tanggul Jebol Sungai Citarum

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)