8 Pelaku Curanmor di Cianjur Ditangkap, Polisi: Bawa Sajam-Pistol Mainan

Ismet Selamet - detikNews
Minggu, 14 Mar 2021 14:36 WIB
Barang bukti hasil pencurian kendaraan bermotor di Cianjur
Foto: Barang bukti hasil pencurian kendaraan bermotor di Cianjur (Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Delapan pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) yang kerap beraksi di Cianjur, Jawa Barat berhasil ditangkap polisi. Bahkan salah seorang pelaku menggunakan pistol mainan saat beraksi untuk menakuti korbannya.

Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai mengatakan delapan pelaku, berinisial I, F, D, H, U, AS, B, dan K. Mereka ditangkap saat pelaksanaan operasi kejahatan kendaraan (Jarang) 2021.

Para pelaku diamankan setelah polisi melakukan penyelidikan lebih lanjut berdasarkan laporan masyarakat. Karena belakangan ini kerap terjadi pencurian sepeda motor.

"Bertepatan dengan operasi Jaran dan dengan banyaknya masyarakat. Kami berhasil menangkap delapan pelaku," ujar dia, Minggu (14/3/2021).

Menurutnya dalam aksinya para pelaku kerap menggunakan senjata tajam untuk menakuti korbannya. Bahkan salah seorang pelaku juga membawa pistol mainan.

"Ada yang mencuri di rumah korban dan ditempat sepi, ada juga yang dengan sengaja menodong sajam dan pistol mainan korbannya yang sedang berkendara kemudian membawa kabur sepeda motor korban," kata dia.

Menurutnya dari para pelaku, polisi berhasil mengamankan 10 unit sepeda motor hasil curian. Rencananya motor curian tersebut dijual ke wilayah selatan dengan harga Rp 2,5 juta per unit.

Tak hanya motor curian, sajam berupa golok dan pistol mainan diamankan sebagai barang bukti. "Pistol yang digunakan hanya mainan, tepatnya korek api," ucapnya.

Rifai menambahkan para pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan pasal 481 KUHP.

"Ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara," pungkasnya.

Tonton juga Video: Bak Film Action! Detik-detik Penangkapan Pencuri Motor Bersenjata

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)