Jejak Masa Lalu Rian Pembunuh Berantai Direkonstruksi Polisi

M. Sholihin - detikNews
Sabtu, 13 Mar 2021 21:20 WIB
Pelaku pembunuhan di Bogor.
Rian membunuh dua wanita muda di Bogor. Polsi menangkap Rian di Bogor. (Foto: M. Sholihin/detikcom)
Bogor -

Polisi masih terus melakukan pemeriksaan lanjutan kepada Rian 'Serial Killer' Bogor. Lelaki tersebut menghabisi nyawa dua wanita yang dikencaninya. Polisi mencoba menggali keterangan Rian guna mengetahui ada atau tidak motif lain dari kasus pembunuhan berantai ini.

"Tentunya saat ini kami masih fokus pada motif pelaku mengambil barang. Tetapi tidak menutup kemungkinan apabila kami akan mengembangkannya untuk motif-motif lainnya. Tentunya secara scientific kita akan kembangkan hal tersebut," kata Kapolre Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro, Sabtu (13/3/2021).

Bukan hanya itu, polisi menelusuri jejak masa lalu atau latar belakang kehidupan Rian. Sebab, menurut Susatyo, tidak menutup kemungkinan ada momen lampau Rian yang memicu melakukan pembunuhan.

"Penyelidikan terhadap tersangka MRI masih intens untuk menyatukan dari alat-alat bukti yang ada, keterangan saksi, kemudian juga petunjuk, termasuk bukti CCTV untuk merangkai setiap perbuatan dari tersangka," ucapnya.

"Kami juga berusaha merekonstruksi bagaimana masa lalu dari tersangka ini. Hubungan pertemanan, hubungan tersangka dengan teman-teman wanitanya, hubungan dengan keluarganya. Sehingga bisa menampilkan profil yang agresif dari tersangka ini untuk melakukan tindakan kekerasan terhadap korban pertama dan kedua," tutur Susatyo menambahkan.

Keterangan awal menyebutkan, Rian yatim sejak masa kecil. Kemudian, ia diasuh oleh ibu dan kakak lelakinya. Berdasarkan keterangan kepada polisi, Rian 'Serial Killer' mengaku pernah menerima kekerasan saat masa lalu.

"Keterangannya dia mengaku pernah menerima aksi kekerasan, apa dari keluarganya atau kakaknya. Tentunya itu akan kita konfrontir lagi ya," ucap Susatyo.

(bbn/bbn)