KPAI Bantu Cari Gadis Asal Garut yang Diduga Hilang Diculik

Hakim Ghani - detikNews
Kamis, 11 Mar 2021 13:52 WIB
Stop Child Violence and Trafficking. Stop Violence Against Children, child bondage in angle image blur , Human Rights Day concept.
Foto: Ilustrassi (Getty Images/iStockphoto/Tinnakorn Jorruang).
Garut -

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) turun tangan menindaklanjuti hilangnya gadis cantik asal Garut berusia 17 tahun. KPAI akan membantu proses pencarian.

"Kita, KPAI membantu. Kemarin kita sudah berkunjung ke rumah korban untuk memastikan kabar ini," ucap Ketua KPAI Daerah Tasikmalaya Ato Rinanto saat dikonfirmasi, Kamis (11/3/2021).

Ato menjelaskan, pihaknya sudah meluncur ke Garut dan bertemu keluarga korban pada Rabu (10/3) kemarin. Ada beberapa hal yang akan dilakukan. Salah satunya, kata Ato, KPAI akan membantu proses pencarian.

"Tentu, karena di KPAI kita punya jejaring. Kami bersama dengan jejaring kita mengoptimalkan, kami koordinasi dengan keluarga dan polisi untuk melacak," katanya.

Kabar tentang hilangnya gadis asal Garut ini ramai diperbincangkan di media sosial. Ato menambahkan, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak berspekulasi terkait kejadian hilangnya gadis itu.

"Kita meyakinkan keluarga bahwa mereka tidak sendiri. Pemerintah melalui KPAI hadir di sini untuk membantu," ungkap Ato.

"Kedua kami memohon dalam hal ini kepada netizen, agar tidak men-justifikasi penyebab hilangnya korban," ucap Ato menambahkan.

Diberitakan sebelumnya, gadis berusia 17 tahun ini dikabarkan hilang pada Minggu (7/3) lalu. Kabar hilangnya gadis asal Karangpawitan tersebut tersebar di media sosial.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, gadis yang duduk di kelas 12 itu hilang setelah mengikuti bimbingan belajar sekitar pukul 15.19 WIB di Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul.

Setelah lima hari menghilang, hingga Kamis siang ini sang gadis belum ditemukan. "Faktanya hingga saat ini korban belum pulang ke rumah," ungkap Ato.

Pihak keluarga sudah melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian. Enjang, ayah gadis mengatakan, selain melakukan pelaporan ke polisi, keluarga juga sudah berupaya untuk mencari.

"Sudah dicari. Sampai ke Bandung sudah dicari," ujar Enjang, Rabu.

Sementara itu pihak kepolisian hingga kini masih melakukan pendalaman. Kasubbag Humas Polres Garut Ipda Muslih Hidayat mengatakan, upaya pencarian korban hingga saat ini masih dilakukan.

"Kita upayakan proses pencarian. Orang tuanya juga sudah berupaya mencari namun sampai saat ini korban belum pulang," kata Muslih, Rabu.

Simak juga 'Pencuri Motor Ini Beraksi di Keramaian, Acungkan Benda Mirip Pistol':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)