Libur Panjang, Wisatawan ke Lembang Wajib Bawa Hasil Rapid Antigen

Wisma Putra, Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 11 Mar 2021 11:22 WIB
Kawasan wisata Lembang kerap didatangi pengunjung saat libur panjang. Lantas seperti arus lalu lintas di kawasan tersebut saat hari terakhir libur Imlek?
Foto: Kawasan wisata Lembang (Whisnu Pradana/Detikcom).
Bandung Barat -

Jajaran Satlantas Polres Cimahi bakal mempertebal pengamanan di jalur wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, saat libur panjang Isra Mi'raj dan Nyepi sejak Kamis (11/3/2021).

"Untuk antisipasi jalur wisata di akhir pekan ini, kita akan pertebal pengamanan di jalur wisata Lembang. Itu upaya mengantisipasi lonjakan wisatawan," ungkap Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto kepada wartawan, Kamis (11/3/2021).

Sudirianto mengatakan nantinya juga akan ada penyekatan arus kedatangan wisatawan di jalur Lembang mengingat saat ini masih dalam suasana penerapan PPKM berskala mikro sampai 22 Maret mendatang.

Wisatawan dari luar daerah terutama Jabodetabek yang bakal berlibur di Lembang akan diputarbalikkan ke daerah asalnya bila tak dapat menunjukkan surat bebas COVID-19.

"Rencananya di Sabtu-Minggu ini akan bekerjasama dengan dinas terkait operasi PPKM. Warga luar kota yang tidak membawa surat bebas COVID-19 akan diputarbalikkan, tapi kita tawarkan juga untuk rapid antigen di tempat," katanya.

Pihaknya memprediksi tak bakal ada lonjakan kunjungan wisatawan mengingat masih dalam masa pemberlakuan PPKM berskala mikro. Selain itu, sehari usai libur Isra Mi'raj atau Jumat (12/3/2021) bukan hari libur.

"Kemungkinan hanya warga Bandung Raya saja yang berlibur, karena kan besok itu masuk bekerja. Baru Sabtu dan Minggu kemungkinan ada peningkatan kunjungan wisatawan," tandasnya.

Sementara itu, Satlantas Polresta Bandung juga melakukan penyekatan dan memberikan imbauan kepada pengendara bus di pintu masuk Tol Cileunyi.

Pantauan detikcom, Kamis (11/3/2021) penyekatan dilakukan petugas gabungan Satlantas Polresta Bandung, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Bandung.

Selain memberikan imbauan kepada pengendara bus, petugas gabungan juga melakukan pengecekan surat antigen di exit tol Cileunyi. Pengendara dengan plat luar Bandung menjadi sasaran.

Namun, bagi pengendara yang mau melakukan rapid antigen agar menepi dan melakukan tes rapid antigen gen di pos polisi.

"Ya kami dari Polresta Bandung melaksanakan PPKM bersama instansi terkait untuk melakukan operasi yustisi COVID-19," kata Kanitlaka Polresta Bandung AKP Piterson Timisela di Exit Tol Cileunyi.

Kurang dari 30 menit, sekitar 40 mobil yang tidak dapat menunjukkan surat rapid antigen dan yang enggan melakukan rapid antigen di Pos Pol Satlantas Polresta diputarbalikkan kembali ke arah Jakarta.

"Sementara dalam waktu belum mencapai satu jam ini kami sudah melakukan kegiatan cek rapid antigen dilakukan oleh Dinas Kesehatan, kemudian jumlah kendaraan yang tidak berkenan untuk mengikuti cek, dikembalikan diputar arah menuju tol. Dengan sekitar 40 kendaraan, semuanya dari leter B dengan pengendara ber KTP Jakarta," ungkapnya.

Satu per satu bus yang hendak menuju gerbang tol diberikan imbauan agar tetap berhati-hati dalam berkendaraan badan memeriksa kondisi kendaraan.

"Kami mengimbau dengan kejadian yang terjadi di Malangbong Wado. Kami mengimbau kepada pengendara kendaraan yang mengangkut orang, agar lebih berhati-hati, mencek kembali kendaraan apakah sudah layak jalan, maupun pengendara apakah dalam keadaan sakit atau dalam keadaan fit," jelasnya.

Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka mengantisipasi pergerakan kendaraan yang hendak berlibur di libur panjang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan Hari Suci Nyepi Tahun Baru 1943.

Selain di exit Tol Cileunyi, kegiatan serupa juga dilakukan di Exit Tol Soreang yang menyasar bus wisata menuju Ciwidey dan Pangalengan.

"Kami melakukan ini di dua titik yaitu Cileunyi dan gate tol Soroja. Rencananya berlaku sampai tanggal 22 Maret," pungkasnya.

Simak video 'Jelang Long Weekend, Arus Lalu Lintas di Tol Cipali Terpantau Normal':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)