Long Weekend, Buka Tutup Jalan di Bandung Diperlebar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 16:49 WIB
Suasana kawasan Jalan Merdeka yang ditutup untuk kendaraan di Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/4/2020). Sejumlah ruas jalan protokol di Kota Bandung ditutup sementara dalam rangka pembatasan sosial dan pengurangan titik kumpul warga guna pencegahan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/pras.
Foto: Penutupan ruas jalan di Bandung (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI).
Bandung -

Pihak kepolisian akan menambah ruas buka tutup jalan di Bandung saat libur panjang akhir pekan ini. Ada 35 ruas jalan yang dibuka tutup akhir pekan ini.

"Kita akan melakukan penutupan atau buka tutup ruas jalan, yang tadinya 25 (titik) sekarang bisa mencapai 35 (titik)," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Selasa (9/3/2021).

Penambahan tersebut akan dilakukan di zona atau ring dua Kota Bandung seperti di kawasan lingkar Kota Bandung hingga Buahbatu. Penambahan buka ruas tutup jalan ini, akan mulai dilaksanakan pada Kamis mendatang. Seperti diketahui, mulai Kamis hingga Minggu terjadi long weekend.

"Ini untuk menghindari masyarakat atau anak muda yang hanya ingin berkumpul di Kota Bandung," kata dia.

Ulung mengatakan buka tutup jalan ini akan dilakukan seperti biasanya. Penutupan akan dilakukan mulai pukul 18.00 WIB.

"Kita sengaja melakukan penyekatan di malam hari karena di siang harinya masyarakat harus beraktivitas agar ekonomi tetap berjalan, kemudian kalau pada malam hari masyarakat masih berkumpul kita bubarkan dan mencegah agar masyarakat tidak berkerumun, hasilnya memang sangat signifikan," tuturnya.

Terkait buka tutup jalan di saat perpanjangan PPKM, Ulung mengatakan buka tutup jalan masih akan diberlakukan. Namun di perpanjangan PPKM, ruas jalan yang ditutup sebanyak 25 titik.

"Hasil rapat dengan forkopimda penutupan ruas jalan, tetap kita lakukan memang ada pro-kontra, tapi kesimpulannya tetap ditutup, namanya menekan otomatis banyak yang komplain," kata dia.

Lihat juga Video: BNPB Larang Warga ke Luar Kota Selama Libur Isra Mikraj dan Nyepi

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)