Masuk Zona Orange, Ciamis Perpanjang PPKM Mikro

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 13:36 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona. (Ilustrator: Edi Wahyono)
Ciamis -

Pemkab Ciamis memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga 22 Maret 2021. PPKM skala desa ini efektif menurunkan kasus virus Corona. Saat ini Ciamis masuk zona orange.

"Ya sekarang PPKM Mikro di Ciamis kembali diperpanjang lagi dari 9 Maret-22 Maret 2021. Ini sangat efektif, ada perubahan perilaku kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Tinggal dukungan masyarakat terus dilakukan," ujar Sekda Ciamis Tatang usai memimpin rapat evaluasi penanganan COVID-19 di Sekretariat Satgas, Jalan Ir. H. Juanda, Ciamis, Jawa Barat, Selasa (9/3/2021).

Menurut Tatang, PPKM Mikro yang dilaksanakan setiap desa di Ciamis berjalan maksimal. Posko siaga COVID-19 tidak hanya ada di desa saja, melainkan menyebar ke tingkat rukun tetangga (RT).

"Ciamis saat ini masih zona orange, karena memang masih ada tiga desa yang zona merah. Kalau sudah tidak ada desa zona merah kemungkinan bisa ke zona kuning," ucap Tatang.

Suatu daerah masuk dalam kriteria zona orange jika terdapat enam hingga dengan sepuluh rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama tujuh hari terakhir. Maka skenario pengendalian adalah menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, lalu melakukan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat. Serta menutup rumah ibadah, tempat bermain anak, dan tempat umum lainnya, kecuali sektor esensial.

Pemkab Ciamis terus mengawasi dan memantau kegiatan masyarakat berkaitan penetapan protokol kesehatan. Operasi yustisi tetap akan dilaksanakan di sejumlah titik.

"Tetap kita lakukan pengawasan dan operasi sampai pandemi ini berakhir. Kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan sangat penting dalam mengatasi pandemi ini," ujar Tatang.

(bbn/bbn)