Jelang Ramadhan, Ribuan Ulama-Imam di Cianjur Divaksinasi COVID-19

Ismet Slamet - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 19:27 WIB
Ribuan ulama dan imam masjid di Cianjur menjalani vaksinasi Corona
Ribuan ulama dan imam masjid di Cianjur menjalani vaksinasi Corona (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Jelang bulan suci Ramadhan, ribuan ulama di Cianjur divaksinasi COVID-19. Hal itu dilakukan agar pelaksanaan salat tarawih bisa digelar, dengan para ulama yang menjadi imam masjid telah divaksinasi.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan total ada sekitar 2.000 ulama dan imam masjid yang menjalani vaksinasi. Diawali dari para ulama yang masuk dam pengurus MUI.

"Kota sudah mulai jalankan untuk pengurus MUI di Kabupaten dan setiap kecamatan. Selanjutnya para ulama di luar MUI, yang memang biasa menjadi imam," kata dia, Senin (8/3/2021).

Menurutnya vaksinasi COVID-19 terhadap ulama dilakukan untuk mencegah para ulama yang menjadi imam terpapar Corona, sehingga tarawih saat Ramadan bisa tetap digelar.

"Di Ramadhan sebelumnya Pemkab Cianjur tidak melarang, tapi untuk memastikan agar pelaksanannya lebih aman. Makanya ulama kita utamakan untuk divaksinasi," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, vaksinasi terhadap ulama juga dilakukan untuk meyakinkan masyarakat jika vaksin halal.

"Jadi nanti para ulama juga ikut mensosialisasikan vaksinasi hingga penerapan protokol kesehatan," tuturnya.

Tak hanya ulama, vaksinasi tahap 2 di Cianjur juga dilakukan pada pelayanan publik hingga pedagang pasar. Total ada 30 ribu dosis vaksin yang diterima dan di suntikan pada sasaran yang sudah ditentukan.

(mud/mud)