Hujan Angin, Jembatan Apung Surapatin di Waduk Saguling Putus

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 21:35 WIB
Jembatan apung Surapatin di waduk saguling putus
Foto: Dokumen BPBD Bandung Barat
Bandung Barat - Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang pada Sabtu (6/3/2021) sore menyebabkan jembatan apung Surapatin di Waduk Saguling, penghubung dua kecamatan di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) putus.

Jembatan apung itu merupakan jembatan yang menghubungkan Kampung Cibogo Desa Pangauban Kecamatan Batujajar dengan Kampung Mariuk Desa Girimukti Kecamatan Saguling. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Tak cuma sebagai akses lalu lalang warga, jembatan itu juga sebagai objek wisata lantaran berada di atas aliran Waduk Saguling.

Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan putusnya jembatan itu lantaran debit air yang meninggi saat hujan dengan intensitas tinggi terjadi.

"Kejadian angin kencang yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB memutus jembatan apung di Desa Pangauban," kata Duddy saat dikonfirmasi.

Putusnya jembatan tersebut mengakibatkan transportasi warga di dua desa itu terganggu hingga terpaksa harus memutar mencari jalu alternatif lain dengan jarak tempuh lebih jauh.

"Saat ini jembatan tidak bisa dilalui karena mengalami kerusakan. Pengendara terpaksa harus memutar melalui jalur lain," ujar.

Beruntung pengendara atau pun warga yang berada di atas jembatan berhasil mengevakuasi diri saat peristiwa terjadi. "Saat ini petugas masih melakukan assessment di lapangan bersama unsur kecamatan dan desa. Tidak ada korban jiwa, hanya kerusakan jembatan saja itu pun tidak terlalu parah," pungkasnya. (ern/ern)