Ridwan Kamil Bagikan 10 Rumah-Motor untuk Pahlawan COVID-19

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 23:20 WIB
Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menggelar giveaway 10 unit rumah dan 10 unit motor. Dia mengumumkan kabar tersebut via akun Instagram-nya. Hadiah rumah dan motor itu nantinya diberikan kepada pahlawan COVID-19.

Pahlawan COVID-19 yang dimaksud yaitu orang-orang yang memberikan sumbangsih dalam penanganan COVID-19 di Jabar, antara lain nakes, penegak hukum, guru, wartawan dan relawan lainnya. "Jadi saya kedatangan beberapa pihak, COVID-19 sudah lewat satu tahun, mereka ingin berkontribusi. Kontribusi tentu dalam bidang masing-masing. Ada yang penyumbang ilmu dan ini yang punya harta, tidak harus dengan definisi cash, bisa membantu dengan hartanya," kata Emil di Gedung Pakuan, Jumat (5/3/2021).

"Karena mereka developer, kebanyakan mereka punya rumah-rumah yang ternyata ingin disumbangkan ke pahlawan COVID-19. Itu kalau dirupiahkan minimal Rp 150 juta, lumayan," ucap dia menambahkan.

Menurut Emil, hadiah itu akan diberikan kepada para pahlawan COVID-19 yang selama ini bergerak dalam penanganan COVID-19. "Kepada siapa diberikan, karena ingin kepada pahlawan COVID-19, kami tidak mau pemerintah yang mendefinisikan siapa itu pahlawan. Bisa tenaga kesehatan, bisa penegak hukum, bisa guru yang berjuang dalam proses susahnya tatap muka, dan bisa wartawan," tuturnya.

Ada syarat khusus kepada penerima hadiah 10 rumah dan 10 mobil itu. "Syaratnya kalau rumah, dia belum punya rumah karena ini kelompok-kelompok pahlawan yang belum mampu memiliki rumah dan belum mampu memiliki kendaraan," ucap Emil.

Hadiah itu diberikan sebagai bentuk imbalan dan motivasi buat mereka yang melakukan kebaikan. Nantinya, publik wajib memberikan testimoni yang ditunjukkan kepada pahlawan COVID-19 yang layak mendapatkan hadiah, lalu testimoni dikirim ke email jabarbergerak.id@gmail.com paling lambat Kamis (11/3/2021).

"Saya sih memotivasi, mari berlomba-lomba dalam kebaikan. Mereka saja bisa, masa kalian enggak. Tapi kalau mempercayakan kepada saya, tentu interaksinya lebih banyak ya dan lebih mengenal peta dan kondisi," ujarnya.

Penerima hadiah akan diseleksi oleh juri dari Jabar Bergerak. "Karena jumlah terbatas, yang mau banyak maka kita bikin tim penjurian, saya titipkan ke Jabar Bergerak nanti dipilih 10 rumah siapa, 10 untuk kendaraan. Kalau rumah gimana yang ngasih, di Bekasi, Subang, Sumedang, Cianjur dan Bandung," tutur Emil.

(wip/bbn)