Demokrat Banten Ancam Polisikan 3 Orang Ngaku Kader Ikut KLB

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 21:32 WIB
Serang - DPD Demokrat Banten akan mengambil langkah hukum terkait adanya laporan beberapa orang mengatasnamakan anggota partai yang ikut Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara. DPD Banten menghitung ada tiga orang yang ikut di KLB itu.

"Ini lagi diverifikasi tadi, ketua DPD DPC mau mempidanakan mereka yang mengatasnamakan Demokrat," kata Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) Demokrat Banten M. Nawa Said Dimyati kepada detikcom di Serang, Jumat (5/3/2021).

Mereka yang ikut, menurut dia, kader yang sudah lama tidak aktif di partai. Bahkan, ada mantan kader yang pernah mencalonkan diri sebagai caleg di partai lain. "Yang masuk ke kita beberapa nama, mereka ini sudah tidak di struktur kepengurusan," ujar Nawa.

Sekretaris DPD Demokrat Banten Eko Susilo menegaskan pihaknya menolak hasil KLB yang dilakukan di Sumatera Utara. Mereka juga menyiapkan langkah-langkah advokasi sebagai tindakan pencegahan jika ada dualisme di tubuh partai.

Sementara, Demokrat Banten sudah memiliki nama-nama yang diduga ikut dalam KLB. Masing-masing tidak aktif dan bukan pengurus, bahkan salah satunya pernah jadi caleg di partai lain.

"Kalau terbukti mewakili DPD, DOC sementara kita tidak ngasih mandat, maka akan dipolisikan," ucap Eko. (bri/bbn)