4 Nakes Positif Corona, Poli Kandungan RSU Berkah Pandeglang Ditutup

Rifat Alhamidi - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 14:29 WIB
Ruangan Poli Kandungan RSU Berkah Pandeglang harus ditutup setelah 4 tenaga kesehatan (nakes) positif Corona. Penutupan tersebut terhitung mulai dilakukan sejak hari ini hingga waktu yang tidak ditentukan.
Poli Kandungan RSU Berkah Pandeglang. (Foto: Rifat Alhamidi/detikcom)
Pandeglang - Ruangan Poli Kandungan RSU Berkah Pandeglang harus ditutup setelah empat tenaga kesehatan (nakes) positif Corona. Penutupan tersebut berlangsung mulai hari ini hingga waktu yang tidak ditentukan.

"Betul. Berhubung tenaga kesehatan kami ada yang terkonfirmasi COVID-19, jadi ruang poli tersebut ditutup hingga beberapa waktu ke depan," kata Humas RSU Berkah Pandeglang Achmad Chubaesi kepada detikcom saat ditemui di ruang kerjanya, Pandeglang, Banten, Kamis (4/3/2021).

Chubaesi menyatakan saat ini keempat nakes tersebut sudah menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Pihak RSU Berkah juga sudah melakukan tracing kepada sejumlah nakes di rumah sakit tersebut.

"Kalau itu (tracing) sudah dilakukan. Hari ini juga kami telusuri dengan siapa saja tenaga kesehatan di sini yang sudah kontak erat, termasuk pihak keluarganya sudah kami koordinasikan dengan Dinkes supaya dilakukan pemeriksaan awal," ujar Chubaesi.

Terkait penutupan ruangan poli kandungan, Chubaesi memastikan sudah melakukan sterilisasi di seluruh area tersebut. Rumah sakit pun sudah menyampaikan informasi ke puskesmas di Pandeglang bahwa pelayanan poli kandungan telah ditutup untuk sementara waktu.

"Jadi sebelum pasien datang ke sini, kami sudah sampaikan informasinya ke puskesmas. Mekanismenya kan harus ada rujukan dari puskesmas, nah ketika mau minta rujukan itu pasien sudah diberitahu dulu sama petugas-petugas di puskesmas tersebut," ucapnya.

"Mudah-mudahan tidak ada penambahan untuk yang positif itu, ya. Karena pelayanan di sini tentu akan terganggu jika harus terus-terusan ditutup," kata Chubaesi menambahkan.

Lihat Video: Penjelasan Kemenkes soal Nakes Positif COVID-19 Usai Divaksinasi

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)