Round-Up

Jejak Virus Corona B117 di Karawang

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 07:58 WIB
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point.
Ilustrasi virus Corona B117. (Foto: Getty Images/iStockphoto/serts)
Bandung -

Virus Corona B117 ditemukan di Indonesia, tepatnya di Karawang, Jawa Barat. Virus varian baru yang berasal dari Inggris itu menjangkiti dua TKI yang baru pulang dari Arab Saudi.

"Varian baru virus Corona diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang. Kami sudah melakukan pelacakan dan meminta, kalau boleh, tim Unpad (Universitas Padjadjaran) meneliti UK B117 ini," ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil di RSP Unpad, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

Emil--sapaan Ridwan--mengatakan, per Rabu (3/3/2021), jumlah warga yang terpapar virus ini baru dua orang. Saat ini kedua orang tersebut tengah menjalani isolasi di rumah masing-masing.

"Masih diisolasi. Di rumah masing-masing," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Kang Emil menuturkan saat ini pihaknya sudah meminta Dinas Kesehatan berkoordinasi dengan Unpad melakukan penelitian. Hal ini dilakukan guna menentukan langkah yang diambil Pemprov Jabar dalam menghadapi virus ini.

"Kemudian bagaimana treatment, kami sudah minta Kadinkes bersama Unpad untuk melakukan kajian. Kalau virus itu datang ke Jawa Barat, bagaimana nasihat buat kami-kami dalam merespons treatment-nya. Apakah sama atau tidak, bagaimana, kita sedang menunggu kajian," tuturnya.

Ia menambahkan pihaknya sudah memerintahkan dilakukan tracing terhadap kontak erat dua warga Karawang yang terjangkit virus Corona B117. "Tim sedang melacak, mengisolasi tambahan, tracing, testing lagi terhadap kontak erat," Emil menegaskan.

Simak video 'Kronologi Varian Virus Corona B117 Masuk ke Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3