2 Warga Karawang Terpapar Virus Corona B117 Usai Bepergian ke Luar Negeri

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 13:25 WIB
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point.
Ilustrasi virus Corona B117. (Foto: Getty Images/iStockphoto/serts)
Bandung -

Dua warga Kabupaten Karawang terpapar virus Corona B117. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut warganya itu terpapar setelah melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Terdeteksi ada di Karawang, dari warga Karawang yang bepergian dengan pesawat Qatar Airways. Jadi makanya dua orang Karawang ini tercatat bepergian internasional," ujar Kang Emil--sapaannya--di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

Emil tak menjelaskan dari negara mana dua warga Karawang ini bepergian hingga terpapar virus Corona B117. Namun, kata dia, keduanya sudah menjalani isolasi begitu mendarat di Indonesia.

"Sesuai prosedur mendarat diisolasi 10 hari, sudah dilaksanakan, namun ternyata prosedur 10 harinya sudah, tapi virusnya tidak mau hilang. Oleh karena itu, tim sedang melacak, mengisolasi tambahan, tracing, testing lagi terhadap kontak erat," kata Emil.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan varian baru virus Corona B117 dari Inggris ditemukan di Kabupaten Karawang. Saat ini, Satgas COVID-19 Jabar pun tengah melakukan pelacakan lebih lanjut untuk mengantisipasi merebaknya virus Corona yang bermutasi tersebut.

"Varian baru virus Corona diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang. Kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad (Universitas Padjadjaran) untuk meneliti UK B117 ini," ujar Ridwan Kamil di RSP Unpad, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

Simak video 'Ridwan Kamil: Varian Baru Corona B117 Ditemukan di Karawang!':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)