5 Daerah di Banten Jadi Zona Kuning Saat Setahun Corona

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 21:36 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Ilustraor: Edi Wahyono)
Serang -

Sebanyak lima daerah di Banten masuk zona kuning COVID-19. Perubahan zona ini bertepatan dengan setahun Corona datang ke Indonesia, termasuk ke daerah-daerah di Banten.

Perubahan zona risiko kuning ini jadi yang pertama kali terjadi. Wilayah yang masuk zona kuning adalah Kabupaten Lebak, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Serang. Daerah lain yaitu Kota Tangerang, Kota Cilegon dan Kabupaten Pandeglang berada di zona risiko oranye.

Kadinkes Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan berubahnya zona risiko ini berkat kerja keras seluruh satgas baik di provinsi maupun di kabupaten kota. "Penyebab zona kuning berkat kerja keras seluruh satgas dari tingkat provinsi sampai dengan tingkat RT dan gotong royong dari seluruh elemen masyarakat," kata Ati di Serang, Selasa (2/3/2021).

Menurut Ati, Pemprov Banten menerapkan PPKM tak hanya di Tangerang Raya. Berdasarkan Instruksi Gubernur Nomor 4 Tahun 2021 bahwa PPKM diperluas hingga seluruh daerah. Ini juga jadi salah satu faktor berubahnya zona risiko di beberapa daerah di Banten.

"Pelaksanaan PPKM ini menukik sampai di tingkat RT, kegiatan yang dilakukan berdasarkan peta zona risiko di setiap RT," ujar Ati.

Meski beberapa daerah jadi zona kuning, penambahan kasus positif pada hari tercatat ada 277 pasien. Sehingga total pasien di Banten selama setahun ini sudah mencapai angka 36.775 kasus. Catatan pasien yang masih dirawat saat ini ada 3.202 pasien sedangkan yang meninggal sudah mencapai 1.009 orang.

Tonton juga Video: Kilas Balik Setahun Covid-19 di Tanah Air

[Gambas:Video 20detik]



(bri/bbn)