Geger Penampakan Diduga Buaya di Kawasan Pantai Jayanti Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 12:40 WIB
Penampakan diduga buaya di Pantai Jayanti Cianjur
Penampakan diduga buaya di Pantai Jayanti Cianjur (Foto: Dok warga)
Cianjur -

Warga Cianjur, Jawa Barat digegerkan dengan penampakan diduga buaya sepanjang 3 meter di kawasan Pantai Jayanti, tepatnya di Muara Cisela Kecamatan Cidaun.

Penampakan diduga buaya tersebut pertama kali dilihat salah seorang pemancing, Cecep Ade Chandra (40) warga Kecamatan Naringgul.

Menurutnya pada Minggu (28/2/2021) sore, dia tengah memancing bersama seorang temannya. Namun sekitar 40 meter dari tempatnya memancing tepatnya di tengah laut Jayanti terlihat sesuatu.

Ia mengaku awalnya mengira hewan tersebut merupakan penyu, sebab minggu sebelumnya banyak penyu di kawasan tersebut.

"Awalnya disangka penyu. Tapi saat difoto dan dizoom pakai kamera HP, tubuhnya cukup panjang. Sudah pasti bukan penyu," ungkap dia, Selasa (2/3/2021).

Ia pun tersadar jika hewan tersebut merupakan buaya setelah pemancing lain memberitahunya.

"Ternyata memang diduga buaya, apalagi cara berenangnya juga seperti buaya dengan tubuh yang panjang. Saya juga sempat berpikir mungkin biawak, tapi kalau biawak tidak sebesar itu. Paling hanya 1,5 meter, tidak akan terlihat dengan jarak yang sama," kata dia.

Menurut Cecep, kemunculan buaya hanya sekitar 1 menit. Setelah itu buaya tersebut kembali menyelam ke dalam air dan menghilang.

"Hanya sebentar, muncul di permukaan kemudian menyelam lagi," kata dia.

Ia mengaku khawatir dengan kemunculan hewan yang diduga buaya tersebut. Sebab lokasi kemunculannya dekat dengan tempat warga memancing serta nelayan memarkirkan perahunya.

Ia berharap instansi terkait bisa segera turun untuk menangkap buaya tersebut dan membawanya ke tempat aman.

"Kawatirnya tidak hanya menyerang warga, tapi juga ditangkap warga. Jadi kalau tidak segera dievakuasi, sewaktu-waktu bisa menyerang warga atau malah warga menangkap buaya tersebut," tuturnya.

Sementara itu Kepala Unit Pelayanan Tekhnis Dinas (UPTD) Balai Perikanan Cidaun Kabupaten Cianjur Eli Muslihat, mengaku masih mencari tahu kebenaran sosok yang diduga buaya tersebut.

"Masih cari informasi dari warga dan yang punya foto atau video penampakan buayanya. Sebab selama saya menjabat, baru kali ini saya mendengar ada buaya. Tapi tidak tahu kalau dulu ada. Lagipula itu memang kawasan konservasi, jadi dimungkinkan memang ada," kata dia.

Simak juga video 'Meresahkan, Buaya Sepanjang 1,5 Meter Ditangkap Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)