Tinggal Kota Bekasi yang Masih Zona Merah COVID-19 di Jawa Barat

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 19:25 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Bandung -

Kota Bekasi menjadi satu-satunya daerah di Jawa Barat (Jabar) yang berstatus zona merah atau daerah dengan risiko penularan COVID-19 yang tinggi. Keterangan itu diperoleh dari laman dari laman Satgas COVID-19 Nasional (covid19.go.id), seperti dilihat detikcom Senin (1/3/2021).

Ketua Harian Satgas COVID-19 Daerah Jabar Daud Achmad membenarkan hal tersebut. Menurutnya, saat ini hanya tinggal satu zona merah di Jabar. "Iya (tinggal Bekasi)," ujar Daud saat dikonfirmasi detikcom, Senin (1/2/2021).

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil melaporkan bahwa Kota Cirebon satu-satunya daerah di Jabar yang menyandang predikat zona merah. Status tersebut disematkan mengacu kepada angka kasus dan penyebarannya yang tinggi.

"Zona merah masih ada satu, ini juga sebuah progres yang mudah-mudahan membaik, yaitu Kota Cirebon, akan kita teliti dan mudah-mudahan satu atau dua minggu ke depan kita sudah bisa lepas dari zona merah," kata Ridwan Kamil di Mapolda Jabar, Senin (22/2/2021).

Kendati demikian, pekan ini 26 kabupaten/kota lainnya di Jabar masuk ke dalam zona kuning atau tingkat dengan risiko penularan yang sedang. Artinya tak ada satu daerah pun yang masuk ke dalam zona hijau atau tingkat penularan yang rendah.

Saat ini total angka kasus terkonfirmasi COVID-19 di Jabar mencapai 211.212 kasus. 36.803 masih dalam perawatan, 172.049 telah menjalani perawatan atau isolasi dan 2.360 orang meninggal dunia.

(yum/mso)